Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Malang Turut Serta Memimpin Langsung Parade Di APEKSI 2024 Balikpapan

Damariotimes, Balikpapan 5 Juni 2024. Kemeriahan Rakernas XVIi Forum Asosiasi Penerintah Kota Se-Indonesia (APEKSI) di Balikpapan Kalimantan Timur. Panitia penyambut kedatangan peserta cukup membanggakan, karena menggelar berbagai acara yang meriah, pameran produk UMKM, gelar pentas seni nusantara, dan juga pawai budaya. Kontingen Kota Malang menurunkan 34 penari,  dan 45 lurah seluruh Kota Malang. Pawai budaya yg sudah berlatih selama dua bulan ini didukung oleh guru-guru seni SD dan SMP yang dibina oleh Dikbud Kota Malang. Penguatan atraksi didukung oleh artis Carnival binaan dari Disporapar Kota Malang. 
Penari foto bersama dengan pj. Walikota Malang setelah parade (foto Norman)
        Parade yang tampil pada urutan ketiga itu mengusung tema tentang Pratnya Paramita ing Malang. Tema historik ini ide dari Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Malang: Suwarjana, S.E., M.M. tema ini legenda karena dipandang memiliki spirit kesucian hati seorang wanita yang melahirkan raja Jawa: Ken Dedes. Koordinator koreografi: Dr. Robby Hidajat, M.Sn. juga menegaskan bahwa dalam tampilan ini terdapat visualisasi sifat antagonis dan protagonis yang sangat kuat. Dalam tradisi Jawa dua kekuatan yang dinamis itu agar tidak saling merusak  makan dilakukan ritual tolak balak berupa wujud tokoh Edan-edanan. Tokoh yang ditampilkan secara fisik tidak seperti dalam tradisi manten Jawa: laki-laki dan perempuan,  namun diturunkan tokoh laki-laki semua, tapi yang memiliki jiwa perempuan. Hal ini sudah dipertimbangkan sejak tema ini disampaikan oleh Sekdin; Tri Oky Rudianto Prastidjo, S. E., M.Si.
        Pada saat penampilan untuk mengawal kesuksesan kontingen parade, Kepala Dikbud Kota Malang kehormatan; Suwarjana, S.E.,M.M. turun serta turun memimpin rombongan mulai dari start yang jaraknya kurang lebih 2 km menuju arena panggung kehormatan. Koordinator dibagi menjadi empat, ini sangat strategis, Kadis di depan mengendalikan start, Robby Hidajat mengendalikan tari, Rendra mengendalikan carnival, dan Sekdin mengendalikan para lurah yang ada di barisan belakang. 
        Tampilan parade Kota Malang mendapat sambutan meriah sepanjang perjalanan dan juga pada saat tampil di panggung kehormatan diatas karpet merah sepanjang 50 meter dalam waktu 3 menit.
 
 
 
Reporter : R.Dt.
Editor     : MAH

Posting Komentar untuk "Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Malang Turut Serta Memimpin Langsung Parade Di APEKSI 2024 Balikpapan"