Perbedaan Kebudayaan dan Peradaban

        Damariotimes. Jika mendengar kata ‘Kebudayaan”, kemudian disandingkan dengan “peradaban” langsung pikiran menjadi kacau. Apa perbedaan Kebudayaan dan Peradaban. Perlu disimak sebagai berikut: Kebudayaan dan peradaban merupakan dua konsep yang seringkali digunakan secara bergantian, akan tetapi keduanya memiliki perbedaan yang tidak secara cepat dapat dijelaskan. 

Seni pertunjukan wayang orang sebagai pencapaian kualitas sebagai peradaban masyarakat Jawa (Foto Ist.)

Kebudayaan
Definisi Kebudayaan
      Kebudayaan mencakup tata nilai, norma, kepercayaan, Bahasa, mata pencarharian, kesenian, dan semua aspek yang dibagikan pada anggota suatu kelompok masyarakat. Di Indonesia semangat dikenali adanya 7 unsur kebudayaan yang diutarakan oleh Koentjaraningrat.
        Kebudayaan merupakan identitas kolektif suatu komunitas dan pola pewarisannya, atau sebuah proses transformasi dari suatu generasi ke generasi, dan berikutnya mencakup praktik sehari-hari, tradisi, dan ekspresi kreatif manusia dalam bermasyarakat.

Perbedaan kebudayaan dan Peradaban
  1. Ruang Lingkup
    Kebudayaan mencakup aspek yang lebih luas dari kebudayaan manusia, termasuk kesenian, sistem kepercayaan, Bahasa, matapencarharian, dan praktik keseharian. Sementara peradaban mengacu pada pencapaian dan struktur sosial yang lebih kompleks, seperti organisasi politik, sistem hukum, teknologi, ilmu pengetahuan dan kesenian.
  2. Evolusi
    Kebudayaan berkembang secara signifikan melalui pengaruh eksternal atau internal. Sementara itu, Peradaban lebih terkait dengan proses evolusi yang melibatkan transformasi sosial, politik, dan teknologi yang signifikan dalam suatu masyarakat
  3. Keterkaitan
    Kebudayaan dan peradaban yang memiliki keterkatian dan saling mempengaruhi. Peradaban seringkali menjadi produk dari kebudayaan yang berkembang secara kuantitas dan kualitas. Dimana pencapaian dalam kebudayaan tersebut membentuk struktur peradaban yang lebih kompleks.
  4. Fokus
    Kebudayaan lebih fokus pada aspek batin manusia, seperti nilai-nilai, kepercayaan, dan norma-norma yang dianut oleh manusia. Di sisi yang lain, Peradaban lebih fokus pada struktur sosial dan organisasi masyarakat yang membentuk kerangka institusional yang lebih besar.

Perbedaan antara kebudayaan dan peradaban membantu untuk memahami kompleksitas dan keunikan manusia diberbagai belahan dunia. Kebudayaan mencakup semua aspek kehidupan manusia yang terkait dengan nilai-nilai dan praktik yang disebarluaskan, sedangkan peradaban merupakan bentuk struktur sosial, organisasi politik, kemajuan teknologi, kesenian dalam masyarakat. Namun penting untuk diingat, bahwa kedua konsep ini saling berkaitan dan tidak dapat dipisahkan sepenuhnya.

Penulis      : R. Hidajat

Editor        : Muhamaad ‘Afaf Hasyimy

Posting Komentar untuk "Perbedaan Kebudayaan dan Peradaban"