Apakah yang Dilakukan Pada Kegiatan PERSAMI

Kegembiraan dan kekompakan Siswa Kegiatan Pramuka (foto Ist.)

DAMARIOTIMES - PERSAMI (Perkemahan Sabtu-Minggu) adalah kegiatan perkemahan yang paling terkenal dan wajib dilakukan di sekolah dari berbagai tingkat, mulai sekolah dasar hingga sekolah menengah atas. Kegiatan PERSAMI ini biasanya dilaksanakan pada saat tahun ajaran baru dengan siswa baru sebagai peserta PERSAMI, dan para anggota Ambalan dan Bhantara sebagai panitia pelaksana. Selain itu pembina PERSAMI juga ikut andil sebagai pemateri dan membina peserta kegiatan. 

Kepemimpian dan keorganisasian dapat dipelajari secara praktis pada kegiatan PERSAMI (Foto Ist.)
      Panitia pelaksana diperlukan untuk Menyusun kegiatan agar dapat terlaksana dengan baik dan dengan waktu yang sudah ditentukan. Selain itu peran panitia juga sangat penting mulai dari mengajukan perijinan ke kepala sekolah, pengajuan dana, mencari tempat, membuat surat ijin orang tua, mencari tamu undangan, dll.

Terdapat banyak kegiatan yang diadakan saat PERSAMI, tentu saja kegiatan-kegiatan ini sangat menyenangkan dan akan menjadi kenangan yang akan dirindukan banyak peserta. Kegiatan-kegiatan yang diadakan saat PERSAMI yaitu:

Upacara Pembukaan

Upacara pembukaan dilakukan pertamakali sebelum pendirian tenda dan mempersiapkan semua perlengkapan. Upacara tersebut dilakukan sebagai tanda bahwa kegiatan perkemahan telah dimulai.

Pendirian Tenda

Peserta kegiatan mendirikan tenda Bersama teman satu regu, biasanya waktu pendirian tenda ditentukan kakak panitia dan yang melebihi waktu/ belum selesai maka regu itu diberi hukuman.

Materi dan Kuis

Pemberian materi dilakukan oleh pembina PERSAMI dan tamu undangan/ pemateri. Setelah itu diadakan kuis atau game yang dipimpin oleh panitia kegiatan.

ISHOMA (Istirahat Sholat Makan)

Peserta diberi waktu untuk istirahat, beribadah, dan juga makan. Saat makan Bersama makanan harus dihabiskan jika ada teman yang benar-benar tidak bisa menghabiskan makanannya maka teman yang lain harus ikut menghabiskan, itu biasa yang disebut Jiwa Korsa.

Upacara Api Unggun

Kegiatan ini dilakukan pada malam minggu/ malam puncak dimana kegiatan diawali dengan upacara pembukaan, lalu pembina memberikan pidato, setelah upacara pembukaan selesai peserta diberi arahan untuk memutari api unggun dan bernyanyi Bersama. Selain itu biasanya juga ada pertunjukan dari panitia, dan ditutup dengan upacara penutupan.

Jurit Malam

Kegiatan ini dilakukan saat tengah malam dimana peserta PERSAMI yang sedang tertidur akan dibangunkan dan melakukan jelajah singkat tanpa membawa peralatan apapun dan hanya diberi arahan dari panitia pada malam itu juga.

Senam Pagi Bersama

Sekitar pukul enam, semua peserta dikumpulkan dilapangan dengan memakai seragam olahraga. Mereka akan melakukan senam Bersama, biasanya dipandu oleh kakak panitia dan dilakukan dengan semangat sehingga terasa menyenangkan.

Perlombaan

Jenis perlombaan yang diadakan biasanya lomba yel-yel yang dinilai dari kekompakan, kekreatifitasan, dan semangat setiap peserta. Selain itu ada lomba menyanyi, menari, dan lain-lain.

Jelajah Alam

Kegiatan ini dilakukan setiap regu dari peserta PERSAMI untuk mengikuti rute yang telah ditentukan, kegiatan ini dibagai menjadi beberapa pos. Setiap pos nya memiliki tugas seperti sandi morse, tali temali, semaphore, cerdas cermat, dan lain-lain yang harus diselesaikan setiap regu untuk bisa melanjutkan perjalanan, 

Upacara Penutupan

Upacara penutupan dilakukan sebagai tanda bahwa kegiatan telah selesai, dan penyerahan hadiah bagi regu yang mendapat nilai terbanyak dalam perlombaan.

Semua kegiatan yang dilakukan saat PRSAMI sangat menyenangkan dan sangat berkesan bagi peserta maupun panitia, sehingga ada cerita yang bisa dikenang saat persami sudah usai. Selain itu banyak pelajaran yang bisa diambil dari kegiatan PERSAMI.

 

Kontributor                 : Yuspa Dwi Rahmawati
Editor                          : Harda Gumelar

Posting Komentar untuk "Apakah yang Dilakukan Pada Kegiatan PERSAMI"