Istana Badut Gerr Joyo: Bagi yang berulang tahun dihibur oleh Pagelaran Badut-Badut yang Lucu

Tampak depan: Istana Badut Gerr Joyo (foto Ist.)

 

DAMARIOTIMES - Tidak banyak Istana Badut yang dapat ditemukan diberbagai kampung. Meskipun Istana Badut Gerr Joyo tempatnya berada di kampung, keindahan dari desain bangunan tidak kalah menarik dari istana badut yang ada di kota besar.

Istana Badut Gerr Joyo kini terus eksis di berbagai acara ulang tahun anak-anak yang berusia 3-8 tahun. Pagelaran badut yang di tampilkan di berbagai acara ulang tahun tujuannya tidak hanya untuk memeriahkan acara ulang tahun saja, melainkan memberikan materi yang mendidik bagi anak-anak usianya.

Istana Badut Gerr Joyo berdiri sejak tahun 2006 sampai sekarang. Dimana Istana Badut ini bertempat di Jalan Nasional III, RT.17/RW.04, Dusun Krajan I, Desa Lempeni, Kecamatan Tempeh, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur 67371.

Sedangkan pagelaran badut di Istana Gerr Joyo berdiri sejak tahun 2007 sampai sekarang. Pemilik Istana Badut Gerr Joyo bernama Bapak D. Giri Santoso. Pak Giri sebelum menjadi profesi sebagai seniman badut, beliau bekerja sebagai seniman dalam pewayangan Jawa. Seiring berjalannya waktu peminat dari pagelaran pewayangan Jawa semakin menghilang, akhirnya Pak Giri memutuskan untuk beralih profesi menjadi seniman badut di Istana Badut Gerr Joyo Desa Lempeni, Kabupaten Lumajang.

.

Badut-badut lucu siap menghibur (Foto Ist.)

 

Om Giri, panggilan akrab seniman badut dan pembuat Istana badut Gerr Joyo di Desa Lempeni ini merasa usahanya mampu untuk dilakukan. Karena Pak Giri sudah mempunyai bakat untuk menjadi seniman badut.

Untuk membuka usaha menjadi seniman badut ini Pak Giri memerlukan modal awal sebesar Rp. 3.000.000. Dimana modal awal tersebut digunakan untuk membuat 2 kostum badut sederhana. Seiring berjalannya waktu pagelaran badut di Istana Gerr Joyo semakin terkenal.

Pada awalnya hanya membuat 2 kostum badut sederhana bisa membuat kurang lebih 20 sampai 25 kostum badut dan ulang tahun. Adapun kostum badut terdiri dari berbagai macam karakter yaitu karakter maskot untuk pemain utama, kostum badut karaktrer serigala, monyet, dan masih banyak lagi. 

 

Bagi yang berulang tahun dapat dihibur oleh badut dan penyanyi cilik (Foto Ist.)
 

Merancang usaha interpemen berbasis badut ini, Pak Giri dibantu oleh crew Istana Badut Gerr Joyo yang terdiri dari Swit Invinten Gimiarci selalu membantu ayahnya untuk merias anak yang ulang tahun dan sebagai pemain sulap dalam pagelaran badut. Gimida Nisahika sebagai penata dekorasi dalam pagelaran badut.

Dalam pagelaran badut tersebut tidak hanya menampilkan badut saja, tetapi juga menampilkan Tari Remo Tradisional yang dibawakan oleh penari kecil bernama April. Selain itu terdapat penyanyi kecil yang bernama Cinta Angelia dan Himatus yang suaranya sangat luar biasa.

Respon masyarakat saat pertama kali Istana Gerr Joyo membuka pagelaran badut diterima sangat baik. Selain pertunjukannya yang menghibur dan mendidik, corak kostum dan keindahan dari desain pagelaran istana badut ini dapat menarik perhatian masyarakat.

Harga dari beberapa paket pagelaran badut sangat terjangkau. Satu paket lengkap pagelaran badut terdiri dari 5 crew badut, 1 anak ulang tahun, 4 penyanyi, 2 penari tradisi, dan lain sebagainya seharga Rp. 8.500,000. Jadi keuntungan dari pagelaran ini tidak bisa konsisten tergantung permintaan besar kecilnya tanggapan. Seiring berjalannya waktu pagelaran badut di Istana Gerr Joyo semakin eksis hingga berhasil masuk ke kota-kota tetangga seperti Probolinggo dan Jember. Maka dari itu, antusias Pak Giri untuk menjadi seniman badut semakin membara.

 

 

Kontributor      : Yeni Fitrianingsih

Editor              : Harda Gumelar

1 komentar untuk "Istana Badut Gerr Joyo: Bagi yang berulang tahun dihibur oleh Pagelaran Badut-Badut yang Lucu"