Apakah Pusaka Keris Berbentuk Gambar Semar ?

Pusaka Keris Berbentuk Gambar Semar (Foto ist)

DAMARIOTIMES - Keris dikenal sebagai benda pusaka yang secara spiritual diyakini para pemerhati memiliki banyak kegunaan dan khasiat. Dalam kebudayaan dan kepercayaan leluhur jaman dahulu, keris sangat identik dengan dunia spiritual, sesuatu hal gaib dan mengandung kekuatan. Diyakini keris memiliki daya pengaruh terhadap sekitar, sehingga kepemilikan keris akan membawa dampak bagi pemiliknya, hal semacam itu disebut sebagai tuah keris.

Makna filosofis perlambang yang diajarkan dalam dunia keris sangatlah dalam. Seperti halnya Keris Semar dimaksudkan sifat dan karakter pemiliknya akan memiliki kemampuan, kewibawaan dan mumpuni seperti Bethara Ismaya (Semar). Contoh jenis keris yang unik adalah Keris Semar. Terdapat beberapa jenis Keris Semar yang memiliki bentuk beragam, satu dengan lainnya tidaklah sama. Begitu juga nama-namanya meskipun serupa tapi tidak sama.

Teknik pembuatan Keris Semar tidak sama dengan pembuatan keris tosan aji atau wesi aji. Bahan dan prosesnya berbeda. Keris tosan aji menggunakan bahan besi (wesi aji) dan bahan pamor keris, berbeda dengan Keris Semar. Bahan yang digunakan adalah jenis logam kuningan, pembuatannya tidak dengan ditempa seperti para mpu membuat keris tosan aji.

Sosok Semar kerap dijadikan simbol jati diri dan kepribadian asli masyarakat Jawa. Semar menjadi lambang pelajaran hidup melalui filosofinya bagi umat manusia (sebagai Bapak Kehidupan). Semar sebagai “pengejawantahan Bathara Ismaya di dunia” diyakini memiliki kekuatan supranatural tinggi. Konon, jenis Keris Semar ini dipercaya dapat memberikan khasiat bagi pemiliknya mulai dari pelet, pengasihan, pelaris dagang dan kewibawaan.

Di zaman milenial saat ini keris jenis Semar masih diburu oleh para penggemarnya termasuk orang-orang yang ingin mencari jabatan tinggi. Orang-orang yang ingin memiliki kedudukan tinggi. Itulah salah satu alasan mengapa keris ini banyak digemari oleh para pemujanya termasuk para kolektor keris.

Jenis Keris Semar ada beberapa jenis, antara lain Semar Mesem, Semar Kuning, Semar Kuncung dan Semar Lungguh.

 

Semar Mesem

Pusaka ini biasa dimanfaatkan sebagai media pengasihan dan pelet lawan jenis. Bentuknya pun cendeung berbeda dai keris pada umumnya. Keris ini bebentuk pendek dan melebar. Kegunaan keris ini antara lain sebagai sarana pengasihan dan pelet. Selain itu, bisa juga dimanfaatkan sebagai sarana pengangkat kewibawaan, penglarisan, dan sebagai pembuka aura seseorang.

 

Semar Kuning

Pusaka Semar kuning adalah sebuah keris yang terbuat dari bahan kuningan dengan bentuk sosok Semar yang sedang memberi wejangan. Sama seperti keris Semar Mesem, pusaka ini juga biasa dijadikan saana pengasihan atau pelet bagi lawan jenis.

 

Semar Kuncung

Pusaka Semar Kuncung juga merupakan pusaka yang berwujud keris. Yang membedakan keris pusaka ini dengan jenis Keris Semar lainnya terletak pada kuncung rambut Semar yang terletak di ujung keris. Seperti halnya keris semar lainnya, Keris Semar Kuncung juga digunakan sebagai media dalam ilmu pengasihan dan pelet. Semar Kuncung kadang kali juga dapat digunakan sebagai sarana pengobatan untuk beragam penyakit yang disebabkan oleh ilmu santet atau tenung.

 

Semar Lungguh

Pusaka Semar Lungguh merupakan benda pusaka yang terbuat dari keramik atau logam. Berwujud seperti sosok Semar yang sedang duduk bersemedi/meditasi. Tergolong pusaka Keris Semar yang langka. Banyak kolektor mencari dan bersedia membayar dengan harga tinggi. Pusaka Semar Lungguh memang diyakini memiliki banyak sekali kegunaan seperti sebagai sarana untuk membuka aura seseorang,  meningkatkan kualitas diri supaya selalu berada dalam koridor kebaikan, memberikan ketenteraman lahir batin, serta sebagai sarana untuk membuat pasangan lebih setia.

 


Penulis
Hartono,M.Sn. (Dosen Jurusan Seni dan Desain FS. UM)

Posting Komentar untuk "Apakah Pusaka Keris Berbentuk Gambar Semar ?"