Evaluasi Kinerja Mahasiswa Asistensi Mengajar di SMP Negeri 7 Kota Malang

        Damariotimes, Malang, 19 September 2023. Dosen pembimbing Mahasiswa program Asistensi Mengajar (AM) Dr. Robby Hidajat, M.Sn. Berkunjung melakukan evaluasi kinerja mahasiswa Program Studi Pendidikan Seni Tari dan Musik FS Universitas Negeri Malang di SMP Negeri 7 Kota Malang. Mahasiswa PSTM yang melaksanakan program AM sudah berjalan kurang lebih 3 bulan yang diikuti oleh 6 orang, yaitu  Bella Afidatus Syifa Supraga, Nuri Awalinda Safitri,  Paulina Merry Sugiharti, Salma Dwi Atiqa, Silmi Brian Jaya, dan Sisilya Putri Ayunda.

Sisilya Putri Ayunda sedang mengajar di kelas 8D (Foto ist.)

        Mahasiswa AM di SMP N 7 Kota Malang dibimbing oleh guru kelas seni budaya yang pada waktu kunjungan yaitu Aurum Corolla Naafi'kajaya, S.Pd. (Alumni PSTM) dan mahasiswa AM yang diamati melakukan praktik mengajar adalah Paulina Merry (Kelas 7B), dan  Sisilya Putri Ayunda (Kelas 8D).

        Kegiatan yang dilakukan oleh dosen pembimbing  ada beberapa cara, yaitu untuk memberikan kontribusi yang baik dalam proses kegiatan asistensi
  1. Perbincangan Langsung dengan Mahasiswa AM
    Pertemuan dosen pembimbing di sekolah dibutuhkan waktu berbincang, bisa bersama-sama guru pendamping, atau bisa dilakukan secara individu. Hal ini penting untuk menggali berbagai hal selama waktu mahasiswa AM berada di lingkungan sekolah.
  2. Pengamatan Langsung
    Dosen pembimbing yang dilakukan evaluasi kinerja mahasiswa Program Studi Pendidikan Seni Tari dan Musik (PSTM) yaitu mengamati secara langsung pada saat mahasiswa berinteraksi langsung dengan siswa. Memperhatikan kegiatan komunikasi antara mahasiswa praktik, meliputi kemampuan komunikasi lisan, dan mengkondisikan situasi kelas.
  3. Evaluasi dari Guru Pendamping
    Evaluasi dari guru pendamping adalah satu sisi yang lain yang nanti dapat memberikan pertimbangan, baik positif ataupun negatif. Intinya hasil pengamatan dosen pembimbing yang datang hanya dua kali selama proses pelaksanaan AM, yaitu kurang lebih 4 bulan. Dapat memberikan pemahaman yang bersifat komprehensif.
  4. Penilaian Program
    Sudah barang tentu, kedatangan dosen pembimbing diperlukan dokumen, yaitu rencana kegiatan dan rencana mengajar. Hal tersebut menjadi dokumen yang dapat digunakan sebagai penilaian kinerja mahasiswa AM.
  5. Analisis Hasil Ujian
    Analisis hasil ujian juga dapat diminta, jika memungkinkan waktu tersedia. Karena hasil ujian memberikan gambaran secara menyeluruh ketercapaian kegiatan AM. Hal ini juga dapat mengamati hubungan kerja antara guru pendamping dan mahasiswa AM melakukan proses pembelajaran.

 

Reporter : H. Gumelar
Editor     : Muhammad Afaf Hasyimy

Posting Komentar untuk "Evaluasi Kinerja Mahasiswa Asistensi Mengajar di SMP Negeri 7 Kota Malang"