Abdul Rachem: Goes Jakarta – Malang Memasyarakatkan Tari Khas Betawi

        Damariotimes. Malang, 22 Oktober 2023. Abdul Rachem, pria kelahiran Sumenep Madura 62 tahun yang lalu itu mantan PNS Dinas Pendidikan Jakarta. Selepas mengakhiri masa dinasnya, hobby sebagai penggoes sepeda terus berlanjut, mengayun sepeda  mengunjungi kota-kota di Jawa. Bahkan untuk berbagai kegiatan kesenian juga dilakukan dengan cara menggoes sepeda. Seperti pada bulan ini, mengunjungi kota-kota di Jawa dan Madura untuk melatih tari Betawi.

Abdul Rachem ketika sampai di Malang (Foto ist.)

     Ketika dijumpai waktu sampai di Malang, Abdul Rachem mengaku menyaksikan sendiri perkembangan tari Betawi. Sangat kurang memasyarakat. Dia mengingat waktu masih aktif sebagai PNS dibidang Pendidikan seni budaya Dinas Pendidikan Kota Jakarta. Di Jakarta berbagai jenis tari berkembang, akan tetapi sebaliknya bahwa tari Betawi tidak berkembang di daerah-daerah. Maka diprogramkan mengadakan pelatihan tari Betawi dengan mengundang para dosen seni tari di seluruh Indonesia, selama 1 minggu di Jakarta. Dengan dasar itu, maka kini dia akan membuktikan sejauh mana perkembangan tari Betawi di berbagai daerah di Jawa.
    Upayanaya dalam memasyarakatkan tari Betawi, hal yang sangat menarik adalah dengan kemampuannya dalam usia yang tidak lagi muda itu, masih tetap punya tanggung jawab untuk menyebarkan tari khas Betawi dengan cara menggoes mendatangi sekolah seni tari dan perguruan tinggi. Dari raut wajahnya, ketika pukul 21.00 WIB sampai di Kota Malang tampak sangat ceria, tidak menunjukan kepenatan setelah melakukan perjalanan jauh.

 

Reporter : R. Hidajat 
Editor     : Muhammad Afaf Hasyimy

               

Posting Komentar untuk "Abdul Rachem: Goes Jakarta – Malang Memasyarakatkan Tari Khas Betawi"