Outdoor Learning Siswa SMP Negeri 3 Kota Malang ke SMK Negeri 7 Malang untuk Berkreasi Batik

        Damariotimes. Pada Pembelajaran Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) diharapkan dapat menguatkan karakter dan siswa dapat belajar langsung dari lingkungan sekitarnya. Hal ini tentunya dilakukan oleh guru SMP Negeri 3 Kota Malang, siswa diajak langsung untuk belajar membatik dengan teknik Cap di SMK Negeri 7 Malang, pada tema yang diusung pada kegiatan ini adalah Batik Topeng Malangan "Karya Cipta Bintaraloka". Pada tema tersebut diharapkan siswa dapat menggali terkait dengan ide dan kerja kreatif dalam penciptaan Batik lokal Malang.
Kegiatan Outdoor Learning SMP Negeri 3 Malang di SMK Negeri 7 Malang (Foto Ist.)
        Kegiatan ini dilaksanakan dengan jenjang waktu 3 kali pertemuan, pada kegiatan pertama SMP Negeri 3 Malang mendatangkan narasumber dari SMK Negeri 7 Malang, Muhammad 'Afaf Hasyimy, M.Pd., Gr. ditanggal 11 Oktober 2023 untuk penyampaian materi, penggalian sumber ide penciptaan desain batik, dan pembuatan alat cap dari karton. Pada kegiatan kedua siswa SMP Negeri 3 Kota Malang belajar di SMK Negeri 7 Malang pada tanggal 18 Oktober di lapangan indoor untuk proses pembuatan batik cap, dan kegiatan ketiga dilaksanakan di SMP Negeri 3 Kota Malang untuk pelorodan batik.
Penyampaian Materi di SMP Negeri 3 Kota Malang (Foto Ist.)
         Kepala sekolah SMP Negeri 3 Kota Malang Dra. Mutmainah Amini, M.Pd berharap siswa SMP Negeri 3 Malang dapat mengikuti dengan baik hingga dapat menciptakan batik yang maksimal, sehingga anak-anak mendapatkan tambahan bekal pengetahuan untuk menjadi pengusaha batik.
Pelorodan batik di SMP Negeri 3 Kota Malang (Foto Ist.)
Salah satu hasil karya batik dari siswa SMP Negeri 3 Kota Malang (Foto Ist.)
        Koordinator P5 Arie Susani, M.Pd. mengungkapkan pada saat evaluasi hasil dari karya batik yang dihasilkan, beliau mengungkapkan bahwa hasil karya yang dibuat siswa benar-benar diluar dugaan, karena hasilnya sudah bagus. Hal ini diungkapkan sangat berterima kasih kepada SMK Negeri 7 Malang yang sudah bersedia menerima 293 siswa untuk belajar membatik. Bahkan berharap pada kegiatan ini dapat memiliki keberlanjutan pada kegiatan-kegiatan selanjutnya yang dapat menjalin kerjasama antara SMP Negeri 3 Kota Malang dan SMK Negeri 7 Malang. Begitupun harapan yang disampaikan oleh Narasumber Muhammad 'Afaf Hasyimy, M.Pd., Gr. mengungkapkan sangat senang sekali dapat menyampaikan ke siswa SMP Negeri 3 Kota Malang karena memiliki antuasias dan semangat yang luar biasa. Kegiatan ini tentunya sangat berdampak positif bagi siswa, karena siswa dapat belajar dengan sumber belajar langsung atau pembelajaran nyata.
Foto bersama Siswa dan Guru SMP Negeri 3 Kota Malang dan Narasumber (Foto Ist.)

 
 
 
Reporter    : Mading Jurnalistik SMK Negeri 7 Malang
Editor        : Harda Gumelar


Posting Komentar untuk "Outdoor Learning Siswa SMP Negeri 3 Kota Malang ke SMK Negeri 7 Malang untuk Berkreasi Batik"