Sepanjang Penerbangan Juanda – Penang Dan Turbolinsi

        Damariotimes. Rabu, 6 September 2023. Tim peneliti yang diketuai oleh Dr. Robby Hidajat, M.Sn. dari Universitas Negeri Malang (UM) bertolak ke Universiti Utara Malaysia (UUM) di Kedah. Tim Peneliti melakukan perjalanan dari lapangan Terbang Internasional Juanda ke Penang Internasional Air Port Malaysia, seperti perjalanan penerbangan pada umumnya, kondisi lancar, sungguhpun ada perpindahan gate, yang semula gate 7 dialihkan ke gate 8. Selain daripada itu, sebelumnya juga agak panik. Karena pembelian tiket pesawat tidak mencermati adanya pemesanan bagasi, sehingga harus membayar tambahan bagasi yang cukup lumayan. Hal ini tentunya menjadi catatan tersendiri.
Di Bandara Juanda Surabaya (Foto Ist.)
        Setelah melakukan berbagai prosedur administrasi dan mengecekan imigrasi, sampailah menempati tempat duduk di landing pesawat. Penumpang cukup banyak, bahkan separuh pesawat adalah rombongan umroh.
        Sebelum berangkat pilot, sudah memberitahukan, bahwa sepanjang perjalanan akan terjadi turbulensi. Sungguhpun cuaca di Penang internasional Air Port dikabarkan cuaca bagus. Setelah perjalanan berlangsung kurang lebih 30 menit, cuaca cukup cerah, dan sangat bagus pemandangan langit, namun mulai terasa guncangan ringan, selama perjalanan ada beberapa pemberitahuan, dan sempat menghentikan pembelian minuman panas. Hingga kurang lebih perjalanan 2 jam, perjalanan terasa terus bergetar, sungguhpun tidak terlalu keras guncangannya. Namun hal tersebut sempat membuat penumpang terasa ada yang gelisah, sungguhpun ada beberapa yang menikmati tidurnya. Hingga perjalanan kurang 30 menit, guncangan terasa cukup keras, sungguhpun pesawat dalam kondisi baik-baik saja.
        Apa itu turbulensi, tentunya ada yang tidak mengerti. Hal ini tentunya akan membuat sepanjang perjalanan berdebar-debar. Turbolinsi merupakan guncangan tubuh pesawat yang secara acak dalam waktu tertentu, seperti orang yang mengendarai mobil yang menerjang dundukan atau berbatuan, sehingga crew pesawat selalu mengingatkan pada penumpang untuk mengenakan sabuk pengaman, dan tidak diperbolehkan ke kamar kecil.
        Pengalaman ini tentunya membuat penumpang merasa cemas, namun hingga pesawat landing; kondisi pesawat baik-baik saja, dan rombongan tim peneliti dari Universitas Negeri Malang melanjutkan perjalanan hingga ke penginapan di tengah kota Penang.


Reporter  : H. Gumelar
Editor      : S. Narwati

Posting Komentar untuk "Sepanjang Penerbangan Juanda – Penang Dan Turbolinsi"