Fungsi Pendidikan Seni Tari Sebagai Pemahaman Mekanisasi Tubuh

Damariotimes. Pendidikan seni tari merupakan salah satu bentuk cabang seni yang unik, sebab subtansinya yang menggunakan gerak tubuh sebagai sarana ekspresi artistiknya. Namun, salain dari pada itu, seni tari juga memiliki manfaat yang signivikan dalam pemahami fungsi mekanisasi tubuh. Dalam artikel ini, dikemukakan tentang Pendidikan seni tari yang dapat digunakan sebagai alat pembelajaran untuk memahami fungsi mekanisasi tubuh.


Seni tari yang mengenalkan tubuh siswa sebagai alat gerak dan komunikasi (Foto ist.)

Pemahaman Konsep

1.       Pemahaman Tentang Ruang Diri

Melalui seni tari, siswa dapat mengembangkan kesadaran tentang ruang diri mereka. Hal ini berarti, bahwa siswa menjadi lebih akrab dengan anggota tubuhnya, seperti kaki, tangan, kepala, dan persendiannya. Hal ini merupakan langkah awal yang penting dalam mengenali bagaimana tubuh manusia difungsikan sebagai subtansi seni tari.

 

2.       Pengenalan Organ Tubuh

Seni tari juga dapat membantu siswa mengenali perubahan dalam organ tubuh, ketika siswa bergerak dan mengekspresikan diri melalui tari, mereka akan merasakan bagaimana tubuh mereka merespons lingkungannya, sehingga tubuh mereka pada dasarnya adalah media untuk berkomunikasi. Hal ini dimaksudkan sebagai cara mengenali fungsi tubuh, yang dalam perkembangnya akan menyadari bagian-bagian tubuh yang sangat sensitive dalam memberikan pesan sesaat.

 

3.       Pemahaman Motorik

Kemampuan motorik siswa berkembang secara signifikan melalui praktik menari, sebab seni tari melibatkan koordinasi yang rumit dari bagian anggota tubuh, ritme, dan ekspresi emosional. Oleh karena itu, seni tari tidak hanya melibatkan tubuh sebagai alat gerak, akan tetapi juga sebabai alat untuk menanggapi implus ritme, dan ekspresi seni itu sendiri.

Manfaat Seni Tari dalam Pendidikan

                Pendidikan seni tari bukan hanya persoalan mengajarkan gerakan pada siswa, akan tetapi juga tentang membantu siswa mengembangkan pemahaman yang lebih mendalam tentang tubuh mereka sendiri. Hal ini dapat meningkatkan kesadaran diri, pengetahuan biologis, dan kemampuan mororiknya. Selain daripada itu, seni tari juga memberikan pengalaman yang kreatif dan ekspresif, yang dapat meningkatkan kualitas Pendidikan secara keseluruhan.


Penulis : Robby Hidajat
Editor   : H. Gumelar

Posting Komentar untuk "Fungsi Pendidikan Seni Tari Sebagai Pemahaman Mekanisasi Tubuh"