Peningkatan Kinerja Guru-Guru Sekolah Dasar (SD) di Indonesia

        Damariotimes. Peningkatan Kualitas guru sekolah dasar (SD) di Indonesia, dengan pertimbangan kondisi umum. Sehingga tidak melihat secara lebih spesifik di Jawa atau di luar Jawa. Hal ini merupakan upaya serius untuk meningkatkan kualitas pendidikan siswa untuk menghadapi dekade yang akan datang.  Upaya ini telah dilakukan pemerintah dengan berbagai upaya, seperti menyelenggarakan program pelatihan, pengembangan kompetensi guru, peningkatan gaji dan tunjangan, reformasi kurikulum, pengembanan infrastruktur sekolah, serta pengawasan dan evaluasi terhadap kinerja guru. 

Pelatihan Guru-Guru Sekolah Dasar di Malang Jawa Timur (foto ist.)

  1. Progam Pelatihan dan Pengembangan Kompetensi Guru
    Program ini dirancang agar peningkatan pengetahuan dan keterampilan mengajar dari para guru, utamanya pengelolaan kelas, dan pengembangan metode pembelajaran yang efektif, menyenangkan, dan kreatif. Pemerintah pusat hingga daerah terus berupaya untuk merancang program ini sesuai dengan kebutuhan di lapangan, salah satu contoh program pelatihan dan pengembangan guru di Indonesia yang dilakukan pemerintah melalui Program Pendidikan Profesi Guru (PPG). Program ini dilaksanakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendibud) yang berkerjasama dengan perguruan tinggi Pendidikan di Indonesia.
  2. Peningkatan Gaji dan Tunjangan
    Peningkatan gaji dan tunjangan ini merupakan stimulus utama untuk mengupayakan kesejahtraan guru dan keluarganya. Gaji dan tunjangan yang cukup akan meningkatkan dedikasi dan loyalitas para guru untuk fokus melaksanakan tugas dan kewajiban, tanpa harus memikirkan kondisi keluarga masih kekurangan, baik tempat tinggal, konsumsi sehari-hari, dan kebutuhan Pendidikan serta Kesehatan. Selain daripada itu, gaji dan tunjangan guru yang memadai akan mendorong meningkatkan calon-calon guru yang berkualitas untuk dapat menarik minatnya sebagai guru professional, sehingga pemerintah juga dapat menyeleksi secara ketat kualitas yang tidak hanya aspek akademik, akan tetapi juga tentang karakter, etika, dan motivasi pengembangan profesi.
  3. Pengembangan Infrastruktur Sekolah
    Tersiarnya kabar tentang kondisi sekolah yang tidak layak guna, menjadikan para guru mengalami penurunan kinerja. Sehingga dinas Pendidikan di tingkat Kota dan Kabupaten dapat meningkatkan pemantauan dan mempriotitaskan pembangunan infrastruktur sekolah, bahkan juga meningkatkan kondisi ruang kelas, fasilitas laboratorium, studio kesenian, dan perlengkapan teknologi media Pendidikan. Sehingga memberi kenyamanan dan kemudahan para guru melaksanakan tugas-tugasnya.
  4. Pengawasan dan Evaluasi Kinerja Guru
    Sebagai tanggungjawab untuk mengendalikan kualitas guru, pemerintah melaksanakan pengawasan dan evaluasi kinerja guru sekolah dasar. Hal ini tentunya untuk menunjukan pada publik sebagai pertanggungjawaban kualitas kinerja guru. Dengan demikian, kepercayaan publik terhadap pendidikan menjadi semakin meningkat, dan guru juga akan mendapat apresiasi masyarakat.



Penulis     : R. Hidajat

Editor       : Muhammad ‘Afaf Hasyimy

Posting Komentar untuk "Peningkatan Kinerja Guru-Guru Sekolah Dasar (SD) di Indonesia"