Expo dan Bazar Ramadhan Kraksaan; Pilihan Tepat untuk Ngabuburit

        Damariotimes. Maret 2023. Probolinggo, Bulan suci Ramadhan, bulan penuh berkah. Hal ini benar adanya. Utamanya bagi para pedagang takjil dan aneka menu berbuka puasa di Kraksaan, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. Berlokasi di pusat kota Kraksaan tepatnya di Alun-Alun Kraksaan diadakan Gebyar Expo dan Bazar Ramadhan 2023 yang diadakan sejak awal Ramadhan lalu.
Banner di pintu masuk Alun-Alun Kraksaan (Dokumentasi Wulan-2023)
        Sesuai namanya, Gebyar Expo dan Bazar Ramadhan ini diisi oleh puluhan stand UMKM yang menjajakan beragam kudapan untuk berbuka puasa. Mulai dari camilan-camilan, jajanan tradisional, aneka minuman, makanan berat, hingga barang pecah belah tersedia. Ditambah lagi harganya juga murah meriah, mulai dari Rp. 1000 saja untuk camilannya dan Rp. 10.000 untuk makanan berat.
Pedagang takjil khas Ramadhan (kue bongko dan petulo kuah kinca) diserbu pembeli (Dokumentasi Wulan-2023)
         Banyak jajanan tradisional yang hanya dapat ditemui dikala bulan Ramadhan berjejer rapi. Satu diantaranya adalah kue bongko. Takjil dengan rasa manis yang dibungkus daun pisang ini terbuat dari tepung beras, sagu, mutiara dan melimpahnya kuah santan aroma daun pandan menambah cita rasa mantap dari kue bongko. Harganya dibanderol Rp. 5000 saja. Satu lagi yang khas di bulan Ramadhan, takjil bernama petulo kuah kinca. Petulo kuah kinca ini memiliki warna hijau, putih, dan pink. Terbuat dari tepung beras dan tapioka dibentuk seperti mie dan disajikan bersama kuah kinca (gula aren). 



Kontributor : Sri Wulandari
Editor          : Muhammad ‘Afaf Hasyimy

Posting Komentar untuk "Expo dan Bazar Ramadhan Kraksaan; Pilihan Tepat untuk Ngabuburit"