Lima Persiapan Bagi Lulusan Perguruan Tinggi Untuk Meraih Lapangan Pekerjaan Strategis Dimasa yang akan datang

        Damariotimes. Bagi para akademisi yang sedang menempuh perkuliahan, jika mereka akan mengharapkan dapat menempati lapangan pekerjaan strategis dimasa yang akan datang. Para lulusan perguruan tinggi perlu mempersiapkan diri dengan keterampilan, dan pengetahuan yang relevan dengan permintaan pasar. Berikut ini ada lima hal yang perlu dipersiapkan bagi lulusan perguruan tinggi untuk mempertimbangkan lapangan pekerjaan strategis dimasa yang akan datang. 
Persaingan dunia kerja (editing BeritaBali.com)
  1. Keterampilan teknis yang relevan; para lulusan perguruan tinggi harus memiliki keterampilan teknis, misalnya lulusan yang ingin bekerja dibidang kesenian, harus mempelajari secara teknis produksi kesenian yang bergerak menyesuaikan perkembangan teknologi yang terus berkembang secara cepat.
  2. Keterampilan non-teknis; para lulusan juga perlu mengembangkan keterampilan non-teknis, misalnya keterampilan komunikasi, kepemimpinan, kerjasama tim, dan kreativitas. keterampilan non-teknis ini dimungkinan juga dimasukan dalam setiap matakuliah. Karena keterampilan non-teknis ini sangat penting untuk menyiapkan lulusan perguruan tinggi meningkatkan kemampuan berinteraksi, mengelola permasalahan, dan menjalin kerjasama.
  3. Pengetahuan tentang perkembangan industri; lulusan perguruan tinggi didorong untuk mengikuti perkembangan industri yang terbaru, bahkan dimotivasi untuk mengikuti trend yang sedang terjadi. Hal ini dimungkinkan dapat membantu para lulusan perguruan tinggi dapat menyesuaikan diri (adaptasi) dengan kebutuhan permintaan pasar kerja.
  4. Pengalaman kerja dengan cara magang; perguruan tinggi dengan program Merdeka Belajar mendorong setiap mahasiswa mengalami praktikum di industri, magang menjadi penting untuk membantu lulusan perguruan tinggi lebih mengenal lebih dekat dunia kerja, sehingga dapat menjalin relasi, menunjukan opsimisme, dan mencapai target kerja secepat mungkin.
  5. Networking: setiap mahasiswa didorong dapat membangun jaringan dengan orang-orang yang telah berada di dunia kerja, baik formal atau informal. Sehingga mampu membantu lulusan perguruan tingi untuk menemukakan secepat mungkin peluang kerja, bahkan dapat memperoleh informasi berbagai kemungkinan peluang kerja yang dituju. 
        Mempersiapkan diri untuk menjemput kerja sangat didorong bagi mereka yang sedang menempuh  perkuliahan, karena keterampilan dan pengetahuan yang relevan dengan pasar kerja sangat dimungkinkan para lulusan perguruan tinggi mendapatkan peluang, mengingat lulusan perguruan tinggi semakin lama semakin banyak. Jika pengetahuan dan keterampilan mereka rata-rata, sudah dapat dipastikan tidak dapat diserap dengan dunia kerja yang semakin bersaing.

 

 

Penulis     : R. Hidajat

Editor       : Muhammad ‘Afaf Hasyimy

Posting Komentar untuk "Lima Persiapan Bagi Lulusan Perguruan Tinggi Untuk Meraih Lapangan Pekerjaan Strategis Dimasa yang akan datang"