Bagaimana Menjaga Kesehatan di Hari Raya Idul Fitri

Damariotimes. Hari raya Idul Fitri merupakan momen yang ditunggu-tunggu oleh umat muslim di seluruh dunia. Pada hari yang fitri itu; keluarga dan teman-teman pada berkumpul untuk saling bermaaf-maafan, dan mengungkapkan perasaan bahagia, karena sebulan penuh telah memenangkan peperangan dengan hawa nafsu. Namun acap kali, dimomen yang sangat menyenangkan itu diwarnai dengan melimpahnya konsumsi, makan dan minum yang berlebihan, sementara aktivitas fisik terbatas, bahkan bisa jadi kurang tidur karena berkunjung kesanak keluarga, dan teman-teman, atau seharian menerima tamu dari tempat yang jauh. 
Momen hari raya Idul Fitri bersama keluarga (Foto ist.)
                Oleh karena itu, penting bagi semuanya untuk menjaga kesehatan dihari raya Idul Fitri, yaitu dengan beberapa hal yang patut diwaspadai dan diperhatikan, dengan harapan tubuh senantiasa dalam kondisi yang sehat.
  1. Batasi Konsumsi Makanan yang Manis dan Berlemak
    Makanan manis dan berlemak tentunya melimpah dihari raya Idul Fitri. Namun harus membatasi menyantapnya, karena asupan yang berlebihan akan meningkatkan resiko penyakit, setidaknya harus mampu memilih dan memilah jenis makanan yang sehat, atau setidaknya membatasi jumlah asupannya.
  2. Minum Air Putih yang Cukup
    Walaupun minuman manis, sirup, es, kopi, dan minuman kemasan, utamanya yang bersoda melimpah. Namun perlu diingat, bahwa tubuh itu membutuhkan asupan air putih. Mengkonsumsi air putih yang cukup dapat menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh, dan menghindari dehidrasi.
  3. Lakukan Aktivitas Fisik
    Lakukan aktivitas fisik, sungguhpun dihari raya. Sebab aktivitas fisik untuk berolahraga ringan diperlukan, tidak harus olahraga yang spesifik, sukup berjalan kaki, berlari-laki kecil di tempat, atau mengayuh sepeda, hanya untuk menjaga tubuh agar tetap bugar.
  4. Istirahat yang Cukup
    Setelah seharian bersalam-salaman ke tetangga dekat, saudara, dan kerabat. Tentunya tubuh menjadi Lelah, jangan dipaksakan bertahan sampai larut malam, perlu istirahat yang cukup. Karena istirahat, tidur. Merupakan cara yang baik untuk mengembalikan beban tubuh yang beraktivitas seharian. Kurang tidur dapat memicu resiko penyakit yang tidak dirasakan sebelumnya.
  5. Patuhi Protokol Kesehatan Covid-19
    Sungguhpun pemerintah telah menyatakan bahwa kondisi di tanah air sudah membaik, dan aman. Namun tetap masih waspada. Karena pada hari raya Idul Fitri tentu akan banyak berjumpa orang, maka perlu tetap mematuhi protokol Kesehatan; jangan lupa pakai masker, jaga jarak, mencuci tangan sesering mungkin.

Momen Idul Fitri merupakan waktu yang sangat menyenangkan, memang sudah sepatutnya untuk merayakan dengan rasa yang gembira. Namun perlu waspada demi menjaga Kesehatan, dengan harapan setelah hari raya dapat menjalankan tugas-tugas pekerjaan rutin dengan tubuh yang sehat.

 
 
 
Reporter    : Muhammad ‘Afaf Hasyimy
Editor        : R. Hidajat

Posting Komentar untuk "Bagaimana Menjaga Kesehatan di Hari Raya Idul Fitri"