Waspada Terhadap Hujan dan Pohon Tumbang bagi Pengendara Kendaraan Bermotor

        Damariotimes. Hujan adalah fenomena alami yang selalu berulang setiap musimnya datang, kondisi ini terjadi diberbagai belahan dunia yang beriklim tropis, termasuk di Indonesia. Hujan yang turun dengan curah yang berlebihan, bahkan disertai dengan angin, sudah dapat dipastikan akan berdampak pada banana yang tidak terelakan, seperti banjir dan pohon tumbang. Oleh karena itu, para pengendara kendaraan bermotor harus ekstra kewaspadaan terhadap kondisi tersebut.
Evakuasi pohon Tumbang di Kebonagung Malang (Foto ist.)
        Berikut ini ada beberapa tips yang dapat membantu para pengendara kendaraan bermotor agar terhindar dari dampak curah hujan yang berlebihan, sebagai berikut:

  1. Memerikasa kendaraan sebelum berpergian
    Jika anda terpaksa harus berkendaraan Ketika turun hujan, sebelum memutuskan untuk berangkat disarankan untuk memeriksa kondisi kendaraan, termasuk yang utama adalah rem. Selain itu pastikan lampu kendaraan dapat menyala dengan baik, kaca spion dalam kondisi yang dapat untuk mengintai, dan kondisi ban motor dalam kondisi yang masih layak. Jika anda mengendarai mobil, pastikan karet wiper berfungsi dengan baik.
  2. Waspada dan kurangi kecepatan
    Ketika hujan turun dengan deras, dan jalanan kondisinya licin, pastikan penglihatan jarak jauh anda dapat menjangkau dengan baik. Karena hal tersebut akan beresiko terhadap terjadinya kecelakaan, khusus pada saat berkendaraan dengan kecepatan tinggi. Sebaiknya anda harus mengurangi kecepatan laju kendaraan, agar penglihatan tidak mengalami gangguan, dan kendaraan anda dapat dikendalikan dengan baik.
  3. Jangan Memaksa Melintasi Jalan yang Banjir
    Bagi anda yang berada di dalam kota, pastikan anda dapat mengidentifikasi daerah yang rawan banjir, terutama di daerah yang rendah. Jika memang anda melihat adanya genangan air cukup tinggi, pastikan anda harus berbalik arah dan mencari jalan yang aman. Air yang berada di atas permukaan jalan dapat menyebabkan kendaran terseret arus air yang tidak dapat diperkirakan. Jika terjebak dalam kondisi tersebut, pastikan anda harus memilih mengamankan diri.
  4. Hindari Daerah Rawan Pohon Tumbang
    Pohon-pohon di beberapa tempat, utamanya yang usianya sudah puluhan tahun, besar dan rindang. Sudah dapat dipastikan daerah tersebut sangat rawan terhadap bencana pohon tumbang, setidaknya dengan tiba-tiba ranting pohon dapat patah dengan tiba-tiba. Utamanya Ketika hujan lebat disertai angin yang kencang, putuskan anda tidak meleweati daerah-daerah tersebut, atau setidaknya menunggu kondisi dipastikan aman.
  5. Gunakan lampu dan klakson
    Ketika anda berkendaraan di tengah hujan yang lebat, pastikan penglihatan anda dapat menjangkau setidaknya 10 meter ke depan. Gunakan lampu kendaran untuk membantu penglihatan. Selain daripada itu, gunakan klakson untuk menjaga kewaspadaan terhadap kendaran yang lain, sehingga sama-sama dapat saling berhati-hati.
 
 
Reporter  : R. Hidajat
Editor      : Muhammad ‘Afaf Hasyimy

Posting Komentar untuk "Waspada Terhadap Hujan dan Pohon Tumbang bagi Pengendara Kendaraan Bermotor"