Tips Bagaimana Menghindari Stres

        Damariotimes. Pada kondisi saat ini, semua hal yang dikerjakan oleh orang mempunyai potensi mengakibatkan stres, tidak hanya orang-orang di kelas atas, tapi masyarakat dikalangan bawah juga mengalaminya. Hanya saja, ada orang-orang tertentu yang cara mengelola stresnya berbeda-beda, sehingga kondisi stres yang dialami tidak berdampak pada kondisi fisiknya.
Kondisi stres (Yoona)
        Berikut ini beberapa tips untuk mengelola stres, sebagai berikut:

  1. Kelola waktu anda secara sistemik; buatlah penjadwalan yang teratur, sehingga anda dapat menghindari tekanan atau keterlambatan dalam menyelesaikan tugas. Prioritaskan tugas yang penting, kemudian jadwalkan hal-hal yang lain. Sistem prioritas ini akan membuat tekanan terhadap diri anda menjadi lebih terkelola dengan baik.
  2. Jangan menunda pekerjaan, bagi mereka yang setiap hari menghadapi banyak pekerjaan, utamanya bagi mahasiswa. Jangan menunda pekerjaan hingga waktu yang sangat mendesak. Sehingga anda akan muncul bayangan terhadap akibat dari keterlambagan anda mengerjakan tugas yang tidak maksimal, seperti pemotongan pendapatan, nilai yang rendah, dan kehilangan kesempatan.
  3. Sempatkan untuk berolahraga secara teratur, hal ini dapat membantu mengurangi stres. Bahkan meningkatkan suasana hati anda lebih baik. Lakukan aktivitas fisik seperti yoga, jalan santai, berlari, atau kegiatan yang menyenangkan. Sehingga tubuh dan pikiran dapat lebih fresh.
  4. Istirahat yang cukup; istirahat tidak hanya memperbaiki kondisi fisik, namun juga menjaga kondisi mental. Lakukan tidur yang berkualitas, setidak-tidaknya 708 jam setiap hari, dan hindari kebiasaan yang tidak menguntungkan, seperti merokok, minum alkohol, atau menggunakan obat-obatan penambah stamina dengan tidak memperhatikan efek jangka panjangnya.
  5. Mengatur pola makan, hindari minuman berkafein, dan atau makanan yang mengandung gula berlebihan. Anda dapat menggantikan dengan makan dan minum yang lebih sehat dan bergizi, tidak harus mahal, tapi diperlukan pertimbangan yang bijak.
  6. Mengelola pikiran; anda dapat mengelola pikiran dengan teknik relaksasi seperti meditasi, atau menjalankan doa, membaca kitab suci, atau mendengarkan musik yang santai dan menenangkan.
  7. Bersosialisasi, gunakan waktu anda yang ada bersama keluarga, atau teman-teman anda yang positif, atau bergabunglah dengan komunitas yang mengelola aktivitas menyenangkan.
     Tips tersebut memang tidak harus dilakukan semua, lakukan dengan penuh pertimbangan. Sehingga kadar stres yang anda alami dapat berkurang, sehingga kehidupan anda menjadi semakin berkualitas.
 
 
 
 
Reporter     : R. Hidajat
Editor         : Muhammad ‘Afaf Hasyimy

Posting Komentar untuk "Tips Bagaimana Menghindari Stres"