Program Studi Pendidikan Seni Tari dan Musik (PSTM) selenggarakan Lokakarya Mak Yong dengan Keynote Dr. Norzizi Dato Zulkifli (K.M.W.) dari Malaysia

        Damariotimes. Malang, Selasa tanggal 6 Maret 2023. Prodi Pendidikan Seni Tari dan Musik (PSTM) Departemen Seni dan Desain (DSD) Fakultas Sastra (FS) Universitas Negeri Malang (UM) yang bergerak menuju ke World Class International, salah satu aktivitas yang dilakukan adalah menyelenggarakan aktivitas akademik untuk saling mengirimkan dan atau mendatangkan pengajar dari luar negeri. Pada kesempatan ini PSTM mendapatkan kunjungan akademik dari Dr. Norzizi Dato Zulkifli dari Universiti Teknologi Mara (UiTM) Malaysia. Pakar Teater ini adalah Ketua Pengajian Seni Persembahan (Seni Pertunjukan).
Tari Zapin Nusantara Karya Dr. Robby Hidajat, M.Sn. membuka acara Pelatihan di FS UM (Foto ist.)
        Sebelum pembukaan lokakarya ditampilkan sebagai ucapan selamat datang sebuah koreografi hasil penelitian Dr. Robby Hidajat, M.Sn. (dosen PSTM). Koreografi tersebut berjudul Zapin Nusantara. 
        Koreografi Zapin Nusantara menungkapkan  kekayaan budaya Nusantara dalam bentuk Zapin; "Zafn"; gerak langkah kaki. Genre tarian etnik masyarakat Arab dari Hadramaut; Yaman Selatan ini tersebar di masyarakat pesisir; mulai dari Semenanjung Malaka hingga Filipina.
 
Poster Lokakarya (Foto ist.)
        Zapin Nusantara ini hasil penelitian kolaborasi Peneliti dari Universitas Negeri Malang (UM) dan Universiti Teknologi Malaysia (UTM) melalui skema I’MRC Sos-Hum; seni pertunjukan.  Tampilan kali ini, merupakan bentuk tampilan latihan (bukan kostum untuk pementasan). Jarit (kain) batik Indolasya (Indonesia-Malaysia) yang digunakan penari berasal dari hasil penelitian Dr. Pujiyanto, M.Sn. Koreografi ini bersumber dari zapin Arab, yang gambaran rekonstruktif akulturasi budaya yang pernah terjadi di lingkungan masyarakat Melayu. Perpaduan potensi gerak Zapin Arab dan budaya lokal, koreografi ini sebagai tari sambut yang digambarkan melalui gerak, musikalitas, dan formasi yang mengekspresikan kegembiraan yang ditujukan terciptanya kebersamaan untuk maju meraih kejayaan. 
Dr. Norzizi Dato Zulkifli sedang memberikan pelatihan Mak Yong (Foto ist.)
        Wakil Dekan I: Evynurul Laily Zen, S.S., M.A., Ph.D. menyambut gembira, bahwa aktivitas akademik yang dilakukan antar perguruan tinggi dari luar negeri akan memberikan dampak positif untuk meningkatkan kualitas prodi. Oleh karena itu, kegiatan bertaraf internasional ini dapat diprogramkan secara intensif oleh para koorprodi di lingkungan Departemen Seni dan Desain.

 

 

Reporter  : R. Hidajat

Editor      : Muhammad ‘Afaf Hasyimy

Posting Komentar untuk "Program Studi Pendidikan Seni Tari dan Musik (PSTM) selenggarakan Lokakarya Mak Yong dengan Keynote Dr. Norzizi Dato Zulkifli (K.M.W.) dari Malaysia"