Koreografi Kontemporer Taiwan

        Damariotimes. "Moon Water" ballet by Cloud Gate Dance Theatre (COMPLETE) with Music by Johann Sebastian BACH. Koreografi karya Lim Whwai Ming merupakan bagian kedua dari ‘pengalaman spiritual’ koreografernya. Lim Whai Ming terinspirasi kedalaman ajaran Budhis: mengekspresikan kekosongan bagaikan bunga di dalam cermin atau bagaikan rembulan yang tampak terpantau di atas air. Sebuah imaji yang sangat ekstetik.
Mood Water karya Lim Whwai Ming Taiwan (Foto ist.)
        Moon Water yang dibawakan oleh Cloud Gate Dance Theater ini ditampilkan untuk pertamakali di Teater Nasional Taipei. Taiwan pada tanggal 18 November 1998. Bahkan telah ditampilkan pada Festival Seni Olimpiade Sydney pada tanggal 19 Agustus 2000. 
        
Tampilan pemusik solo cello di atas panggung (foto ist.)
        Vokabuler penari-penarinya menggunakan gerakan Tai Chi dan Ballet yang bagus, tapi cara mengungkapkannya sangat personal dan ekspresif. Eksplorasinya mendalam dalam mengungkapkan rasa yang ringan, gaya berat tubuh tertarik gravitasi seperti menyentuh permukaan air, dan dilakukan dengan penuh ketenangan.

            "Moon Water" menghadirkan ilusi siklus kehidupan dan ilusi estetik yang menggali rasa air dan cermin. Musik iringan koreografi ini solo cello. Gesekan Cello yang mengalun dan tiba-tiba tersendat memberikan effort gerak penari yang penuh konsentrasi.



Penulis   : R. Hidajat
Editor     : Muhammad ‘Afaf Hasyimy


Posting Komentar untuk "Koreografi Kontemporer Taiwan"