Panji Inukertapati Titisan Arjuna?

Damariotimes. Para peneliti tentang sastra Panji, tentunya konsep ‘nitis’ (inkarnasi) terjadi pada Dewi Sekartaji istri Panji adalah titisan Subadara (Sembadra), dan Ragil Kuning titisan Haknyanawati. Dongeng Panji ini tampak pada uraian dalam buku Tjerita Panji Dalam Perbandingan tulisan dari Poerbatjaraka (1968: 3-4), sebagai berikut:
Adegan Lakon Panji Pada Wayang Topeng Malang (Foto ist.)

        …Batara Guru malah telah memutuskan akan mengirimkan Ardjuna dengan istrinya Sybadra turun ke bumi. Bagitu pula Samba dengan istrinya Djanawati (Yajnawati) akan dikirim ke bumi. Dengan itu diharapkan pula supaja Sang Jang Tunggal dan sang Jang Wenang sudi pula turun kebumi. …
Ardjuna melihat Djanawati berubah mendjadi kembang serodja. Dia sendiri berubah mendjadi serbuk bunga dan bersembunji dalam kembang itu dan kemudian mendjatukan diri di atas haribaan raja Kuripan, jang tengah asjik memudja itu. Ketika Baginda melihat bunga serodja jang harum itu djatuh dipangkuannja. Baginda lalu djatuh tidak sadarkan diri beserta permaisuri.
…Radja Daha, setelah mendengar laporan dari utusannja, lalu mengusulkan kepada permaisurinja untuk meminta kepada dewa-dewa, supaya mereka diberi seorang anak perempuan jang tjantik. Suami isteri itu lalu mendoa. Mendengar doanja itu, Subadra dan Samba teringatlah akan djadjinja menjadi bunga serodja dan sebagainja (seperti peristiwa pada radja Kuripan pula) (Poerbotjaraka, 1968: 3-4).
 
          Sungguhpun data yang telah anda perhatikan di atas, tentunya perlu didiskusikan secara intensif. Mengingat sastra panji ini merupakan dongeng tradisi lisan yang berkembang sekitar abad XV. Sementara berbagai jenis sastra istana yang berkembang sangat pesat, bahkan telah menjadi tuntunan moralitas para bangsawan di Jawa. Terciptanya sastra Panji ini dimungkinkan memiliki prototipe yang digunakan untuk membangun struktur. Mungkin anda ingin berpendapat. Silahkan kirimkan tulisan anda untuk bahan diskusi bersama.
 
Sumber :
Poerbotjaraka. 1965. Pandji dalam Perbandingan. Balai Pustaka: Jakarta
 
 
 
Penulis : R. Hidajat 
Editor   : Muhammad ‘Afaf Hasyimy

Posting Komentar untuk "Panji Inukertapati Titisan Arjuna?"