Konsep Waktu untuk Ukuran Linier

        Damariotimes. Perhatikan jam di Keraton Yogyakarta, atau Jam Gadang di Padang, bahkan di beberapa gereja juga ditampakan jam agar dapat dilihat oleh masyakat secara umum. Tapi bagaimana waktu itu ditetapkan sebagai ukuran atau satuan. Tentunya dapat menyimak sejarahnya sebagai berikut: Satuan tentang waktu merupakan konsep yang gunakan oleh manusia untuk mengkur durasi (tentang) atau priode antara dua atau lebih peristiwa atau kejadian. Konsep tentang waktu telah dikenal sejak zaman kuno, bahkan digunakan untuk mengatur kegiatan manusia dalam melakukan aktivitas sehari-hari.
Jam Gadang penunjuk waktu untuk masyarakat (Wikipedia)
        Sejarah di zaman Mesir kuno mencatat tentang petamakali manusia membagi hari menjadi 24 jam, dan masing-masing jam terdiri dari 60 menit. Peristiwa itu sudah dikenali sejak tahun 2000 SM, berikutnya juga dikenal oleh di Babilonia, yaitu telah mengenal adanya sistem jam dan menit pada rentang waktu sekitar 1500 SM.
        Di zaman modern ini, waktu didasarkan atas perhitungan rotasi bumi pada sumbu dan revolusi dalam mengelilingi Matahari. Perhitungan tersebut disumbangkan oleh ilmu pengetahuan astronomi, sehingga orang dapat mengetahui tentang terbit dan tenggelamnya matahari. Berdasarkan hal tersebut, seorang astronom dari Inggris bernama John Harrison mengenalkan perhitungan waktu berdasarkan jam kronometer. Sejak abad ke-16 itu, para navigator kapal dapat mengarahkan kapalnya dengan sangat tepat.
       Sekitar abad ke-18, anstonom Prancis bernama Jean-Baptiste Josph Dalambre dan Pierre-Simon Laplace menggunakan pengurkuran  presisi dari rotasi bumi dan pertama kali mengenalkan konsep detik, yaitu ukuran yang menggunakan osilator harmonic seperti jam mekanik modern.
    Perkembangan pengukuran waktu terus berkembang, bahkan mendorong lembaga untuk membuat kesepakatan  dalam menentukan pengukurannya secara global. Hal ini dilakukan oleh Universal Time Coordinated (UTC), yaitu lembaga standarisasi tentang waktu secara internasional. Hal ini sangatlah penting, karena pada zaman modern ini semua negara dalam melakukan komunikasi, transportasi, dan kegiatan yang lain sangat membutuhkan waktu yang tepat. 
 
 

Penulis     : Robby Hidajat
Editor      : Muhammad ‘Afaf Hasyimy

Posting Komentar untuk "Konsep Waktu untuk Ukuran Linier"