Lagu Tari Zapin Ilalang Kolaborasi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Seni Tari dan Musik (PSTM) dan Komposer Bagus Brahmananto dari GZZ studio Malang

Damariotimes, Zapin adalah salah satu tari hasil akulturasi budaya Arab dan Indonesia, utamanya masyarakat di Pesisir pantai dari Sumatera, Kalimantan, Jawa, dan Sulawesi.

Mahasiswa PSTM yang mendukung produksi iringan tari Zapin Ilalang (Foto ist.)

        Di Jawa Timur tari Zapin yang masih belum berkembang pesat. Hanya musik yang menjadi sumber iringan tari Zapin Arab banyak dikembangkan oleh masyarakat di lingkungan Pondok Pesantren. Musik iringan tari Zapin pada umumnya menggunakan jenis musik Gambus. Pada dua tahun berselang, tari Zapin dilakukan eksplorasi dan penelitian oleh Dr.Robby Hidajat, M.Sn. bersama tim peneliti dari LPPM UM yang berkolaborasi dengan UTM dalam skema I'MRC. Persiapan untuk pengajuan tahun ketiga (2023) yang mulai dirintis adalah melakukan eksplorasi kembali musik iringan tari yang dikembangkan berdasarkan tema ketokohan tari Melayu dan lingkungan.
        Tema lagu tari Zapin yang dikembangkan untuk persiapan penelitian tahun depan itu digali bersama mahasiswa Program Studi Pendidikan Seni Tari Dan Musik (PSTM) DSD FS UM. Lagu yang syairnya digarap oleh Dr. Robby Hidajat, M.Sn. dan dieksplorasi lagunya oleh Dwi Satria Bimantara dan Histia Dutadeo yang produksinya digarap oleh komposer Bagus Brahmanato dari GZ studio Malang. 

Musik yang direncanakan untuk diproduksi adalah iringan tari Zapin Ilalang,

Ilalang bukanlah kembang
Tumbuh liar indah di pandang
Elolah gadis berdendang
Rancak langkahnya lenggok berlenggang

Ilalang tumbuh di Padang
Tumbuh liar di mana mana
Senang jadi pendendang
Lenggang lenggok merdu suaranya

Gadis desa letik tubuhnya
Menari di depan rumahnya
Lagu Melayu zapin tarinya
Gadis cantik lincah geraknya 

Tari zapin indah geraknya
Penarinya cantik jelita
Bersenang dan bercanda
Tari Melayu zapin namanya

        Syair lagu iringan tari Zapin ini terinspirasi dari ketokohan seorang penari dari Palembang bernama Elly Rudi, yang hingga berusia 72 tahun masih bersemangat untuk mengembangkan tari di Pelambang.
        Proposal yang akan diangkat adalah tema ketokohan dan Lingkungan dari seniman tari Zapin, Karena spirit dari para tokoh dan lingkungan memiliki potensi pengembang Zapin Arab dan Melayu, sehingga dapat memberikan kontribusi besar sebagai karya yang memiliki penguatan budaya lokal.


Reporter : Muhammad 'Afaf Hasyimy
Editor     : Harda Gumelar


Posting Komentar untuk "Lagu Tari Zapin Ilalang Kolaborasi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Seni Tari dan Musik (PSTM) dan Komposer Bagus Brahmananto dari GZZ studio Malang"