LUDRUK TJAP DJEMPOL KEMBALI BERKARYA

Damariotimes. Dalam rangka melestarikan kesenian Jawa Timur, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata kota Malang menggandeng Ludruk Tjap Djempol untuk menggelar seni pertunjukan Ludruk yang mengusung cerita “Lamaran” bertempat di Taman Krida Budaya Jawa Timur, Jl. Soekarno Hatta No. 07, Kota Malang pada hari Kamis (24/11/2022).

Foto salah satu adegan lakon Lamaran (Foto Ist.)

Ludruk Tjap Djempol dipimpin oleh Mbah kakung Suwito H.S. Kesenian ini merupakan seni teater rakyat yang diangkat dari cerita sehari-hari yang sangat umum di kehidupan masyarakat. Tema dari ceritanya muncul dari permasalahan- permasalahan masyarakat pada umumnya. Maka dari itu, kesenian Ludruk ini dinilai sebagai teater rakyat.

Dalam pertunjukan Ludruk semalam menceritakan kehidupan sehari-hari Suwito. Suwito adalah seorang asisten rumah tangga yang pekerja keras, ia bekerja di rumah juragan Totok yang kaya raya di kota. Suatu hari, Suwito kedatangan putrinya bernama Selin dengan kekasihnya yang bermaksud untuk melamar Selin. Tanpa pikir panjang Suwito menerima lamaran tersebut. Disisi lain istri Suwito di kampung kedatangan tamu seorang yang kaya raya dan berprofesi  sebagai dosen. Orang tersebut juga hendak melamar putrinya yang bernama Selin. Tanpa musyawarah istri suwito juga menerima lamaran orang tersebut.

     Dalam pertunjukan ludruk tjap djempol dengan cerita “Lamaran” ini, mengusung kesenian ludruk dengan menggunakan tradisi lama. Terlihat pada segi musik dan alur cerita yang disajikan. Musik pengiring yang ada pada pertunjukan tersebut berupa seperangkat gamelan yang digunakan untuk mengiringi uyon-uyonan dan juga pengiring tari Remo Putri pada bagian awal.

            Inovasi yang ada dalam pertunjukan ludruk ini terdapat pada penataan cahaya (lighting), kostum pada penari Remo, sinden, dan juga tokoh anak muda yang menggunakan kostum dengan mengikuti perkembangan zaman, namun tetap memiliki kesan sederhana. Inovasi lain juga terdapat pada gaya Bahasa yang digunakan oleh pemain seperti penggunaan Bahasa Inggris sebagai pelesetan kata. Untuk lighting-nya sendiri yang digunakan hanya warna netral (putih) dan terdapat beberapa transisi dengan menggunakan blackout pada stage untuk mengganti properti.



Kontributor     : Sandra Aulian
Editor              : Harda Gumelar

Posting Komentar untuk "LUDRUK TJAP DJEMPOL KEMBALI BERKARYA"