Gardens by the Bay; Taman Kota Masa Depan Di Singapore

Damariotimes. Negara kecil yang terus melakukan inovasi menuju zaman baru. Terlihat benar ambisinya menjadi negara yang memiliki citra eksotika futuristik. Sehingga wisatawan yang tidak sempat untuk wisata belanja dapat mengunjungi destinasi untuk berfoto. Sudut-sudut yang dirancang agar memiliki instagramable, sehingga mereka yang sampai di Singapore juga akan segera dikomentari oleh para followernya di tik-tok, facebook, atau Instagram.

Berfoto di Gardens by the bay (Foto ist.)

Satu lagi, destinasi yang bersifat futuristic, namun sangat berpihak pada alami adalah Gardens by the bay; sebuah taman negara yang berambisi mewujudkan Botanical Capital of the World. Taman yang dirancang di atas tanah seluas 110 hektar di distrik Marina Bay di Central region Singapore. Taman  ini menghabiskan biaya pembangunan kurang lebih Rp. 7,25 triliun (US$795 juta).

Taman dengan ikon tiga pohon beton baja ini berdekatan dengan Marina Reservoir, yaitu taman yang terdiri dari tiga areal, taman tepi laut: bay south Garden (di Marina South), bay Est Garden (di Marina Eastr) dan Bay Central Garden ( di Downtown Core dan Kallang)

Foto bersama di Gardens by the bay (foto ist.)
            Gardens by the bay memiliki keunikan berupa taman yang terdiri dari tiga pohon raksaksa yang berbuat dari besi baja dengan beton. Tingginya sekitar 50 meter, sebuah konstruksi pohon baja yang di tumbuhi tanaman yang menempel. Fungsinya adalah untuk mewujudkan taman yang ramah lingkungan, sehingga kebersihan udara dari polusi gas buang kendaraan bermotor dapat dikendalikan. Selain daripada itu, tiga pohon besi ini adalah berfungsi sebagai produksi energi alternatif seperti solar sun generator, atau media penampung air hujan untuk digunakan sebagai pengairan dari taman tersebut.



Reporter              : R. Hidajat
Editor                    : Muhammad ‘Afaf Hasyimy

Posting Komentar untuk "Gardens by the Bay; Taman Kota Masa Depan Di Singapore"