Karya Seni, Kreativitas, dan Potensi Individu Berdasarkan Teknik Gerak Tari

Damariotimes. Sebuah diskusi terbatas dari mahasiswa Jurusan Pendidikan Seni Tari Fakultas Seni Pertunjukan Universitas Pendidikan Indonesia Bandung melalui zoom metting. Topik yang dilontarkan oleh Dr. Robby Hidajat, M.Sn. selaku dosen pengampu matakulihan Kritik Seni Pertunjukan, yaitu Karya seni, Kreativitas dan Potensi diri.

Karya Tari dengan pendekatan kreativitas budaya (Foto ist.)
Karya seni (tari) merupakan pernyataan ekspresif dari seorang koreografer melalui gerak yang memiliki tema, dalam ruang yang memiliki drajat tingkatan (level) dan formasi tertentu, melalui dinamika tenaga dalam ruang yang diprentasikan berdasarkan pemaknaan tertentu.

                Pernyataan ini demikian kompleks, sehingga memungkinkan orang akan sulit untuk menangkap dengan cara yang sederhana, oleh karena itu karya seni (tari) merupakan cara orang menyatakan diri (ekspresif) melalui gerak (tenaga, ruang dan waktu) dalam ruang yang harmonis. Dengan demikian tentu tidak sangat menyulitkan, kalaupun hal tersebut masih sangat teknis. Maka karya seni (tari) dapat dipahami sebagai gerak yang indah melalui pernyatan yang ekspresif.

                Kata ekspresif merupakan kata kunci untuk menunjukan dan atau membedakan dengan gerakan-gerakan sehari-hari, atau disiplin gerak dari bidang profesi yang lain. Dengan demikinan menunjukan adanya otonomi suatu bidang yang khas, bahwa tari itu pernyataan gagasan melalui gerak yang ekspresif dan indah.

                Menuju pada pehamaham tersebut, dari waktu - ke waktu orang meproses melalui disiplin seni yang menggunakan pendekatan berbagai macam, ada yang menggunakan disiplin akademik, dan ada yang menggunakan displin budaya etnik. Namun semuanya merupakan sebuah pendekatan, siapapun dapat menggunakan atau mencari alternatif pendekatan yang lain. Sehingga melahirkan sebuah pernyataan yang khas, baik potensi indivudu yang mencari berbagai kemungkinan teknik dan gaya, dengan demikian dapat dimaklumkan, sebuah karya seni membutuhkan sebuah cara strategis yang mampu menunjukan cara berpikir dan berimajinasi untuk menyatakan sesuatu yang inovatif, dan berpenampilan yang memiliki keunikan.  Hal ini merupakan sebuah persyaratan dari kreativitas. Sementara untuk menyatakan hal tersebut dimungkinkan setiap individu seniman tari mempunyai sesuatu yang ditawarkan, sesuai dengan zamannya.




Reporter              : Muhammad Affaf Hasymy
Editor                  : Harda Gumelar

Posting Komentar untuk "Karya Seni, Kreativitas, dan Potensi Individu Berdasarkan Teknik Gerak Tari"