Zapin Semarak Nusantara Melenggang Membuka International Syimposium Indonesia-Malaysia Research Consortium (I’MRC) Di Universitas Negeri Malang (UM)

Damariotimes. Jumat, 9 Septermber 2022. International Syimposium Indonesia-Malaysia Research Consortium (I’MRC) diselenggarakan  oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) Universitas Negeri Malang. kegiatan internasional ini dilaksanakan di Gedung A19 lt.9 Universitas Negeri Malang.

Pertemuan para peneliti ke dua negara, Indonesia-Malaysia di bidang pendidikan dan Sosial Humaniora tahun 2022 ini tidak seperti biasa, karena pada penelitian ini ada skema Sosial Humaniora. Sehingga pembukaan syimposium ini digelar pameran produk hasil penelitian, salah satunya adalah produk koreografi dan batik.

Koreografi Semarak Nusantara Melenggang (Foto Ist.)

Pameran hasil koreografi digelar sebagai pembukaan International Syimposium Indonesia-Malaysia Research Consortium (I’MRC) dengan judul: Semarak Nusantara Melenggang. Karya ini digarap oleh tim peneliti dari Universitas Negeri Malang yang diketuai oleh Dr. Robby Hidajat, M.Sn. sebagai tim kreatif penyajian koreografi ini adalah Koreografer: Dr. Robby Hidajat, M.Sn., Komposer: Drs. Bagus Brahamananto, dan Penata Kostum: Dr. Pujiyanto, M.Sn. serta produksi kostum diserahkan pada Banjar Seni Aji Gumelar yang diketuai oleh Dra. Suci Narwati.

Adapun visi koreografi yang disajikan ini adalah: Koreografi Zapin Semarak Nusantara Melenggang mengungkapkan          kekayaan budaya Nusantara dalam bentuk Zapin; "Zafn" ; gerak langkah kaki. Ganre tarian etnik masyarakat Arab dari Hadramaut; Yaman Selatan ini tersebar di masyarakat pesisir; mulai dari Semenanjung Malaka hingga Filipina.

            Zapin Semarak Nusantara Melenggang ini merupakan hasil penelitian kolaborasi Peneliti dari Universitas Negeri Malang (UM) dan Universiti Teknologi Malaysia (UTM) melalui skema I’MRC Sos-Hum; seni pertunjukan. Peneliti yang tergabung adalah (1) ketua; Dr. Robby Hidajat, M.Sn. Anggota: Prof. Dr. Suyono, M.Pd., Dr. Joko Sayono, M.Pd., M.Hum. (UM), Kolaborator UTM: (ketua) Dr. Iziq Eafifi Bin Ismail,  anggota:  Prof. Dr. Syed Ahmad Iskandar, Dr. Norliza Bt. Mohd Isa.

          Unsur kostum menggunakan batik printing Motif “Setangkai Puspa Melayu” asimilasi budaya Melayu Indonesia dengan Malaysia merupakan hasil penelitian Dr. Pujiyanto, M.Sn. pada Skema Penelitian I’MRC.

Koreografi zapin Arab, yang gambaran rekonstrutif akulturasi budaya yang pernah terjadi di lingkungan masyarakat Melayu. Perpaduan potensi gerak Zapin Arab dan budaya lokal, koreografi ini sebagai tari sambut yang digambarkan melalui gerak, musikalitas, dan formasi yang mengekspresikan kegembiraan yang ditujukan terciptanya kebersama untuk maju meraih kejayaan.

Koreografi ini ditarikan secara masal dengan melibatkan 36 penari. Tampilan elok dari para mahasiswa Program Studi Pendidikan Seni Tari dan Musik, Departemen Seni dan Desain, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang.

Rektor UM dan UTM dan jajaran pimpinan menyaksikan tampilan Zapin Semarak Nusantara Melenggang (foto ist.)
            Perhelatan akbar ini dihadiri oleh Rektor UM, Prof. Dr. AH. Rofi’uddin, M.Pd. dan Rektor UTM, Prof. Datuk Dr. Ahmad Fauzi bin Ismail beserta masing-masing jajaran, kegiatan ini memuat 10 tema penelitian dalam parallel discussion yang melibatkan 20 peneliti dari UM maupun UTM.

Prof. Dr. AH. Rofi’uddin, M.Pd. mengatakan bahwa saat ini kesadaran untuk melakukan kolaborasi sudah mulai bermunculan, tidak lagi berkompetisi. Utamanya di tingkat perguruan tinggi.

            Koreografi Semarak Nusantara Melenggang ini menunjukan suatu bentuk kolaborasi, sehingga tampak adanya perpaduan harmonis berbagai keunikan kekayaan etnik di Indonesia dan Malaysia. Demikian ungkap ketua IMRC, Prof. Dr. Hadi Noor.





Reporter          : Muhammad ‘Afaf Hasyimy

Editor              : Harda Gumelar

 

Posting Komentar untuk "Zapin Semarak Nusantara Melenggang Membuka International Syimposium Indonesia-Malaysia Research Consortium (I’MRC) Di Universitas Negeri Malang (UM)"