Latif Bolat; Musisi Islami Turki Singgah di Universitas Negeri Malang

Damariotimes. Malang, 11 Septermber 2022. Apresiasi untuk mahasiswa seni pertunjukan sangat dibutuhkan. Utamanya untuk menyaksikan tampilan dari seorang seniman, karena pengalaman dan pengetahuannya sangat dibutuhkan sebagai nutrisi artistik. Upaya ini dilakukan oleh Prodi Pendidikan Seni Tari dan Musik, yaitu menerima kunjungan seorang musisi yang sedang tour keliling dunia seorang diri, yaitu musisi dari Turki.

            Kedatangan solois musisi etnik Turki tersebut datang ke Indonesia dalam rangka menghikuti SIFA (Solo International Performing Art). Namun upaya untuk melengkapi tournya tersebut juga menyempatkan diri ke Malang Jawa Timur, pagi hari memberikan workshop di Universitas Negeri Malang dan sore harinya tampil di Museum Panji.

Latif Bolat di Sasana Budaya, Universitas Negeri Malang (Foto ist.)

            Hartono, M.Sn. sebagai ketua pelaksana workshop merasa sangat senang dan bersyukur, karena musisi internasional tersebut dapat menyempatkan sebagai pemateri di Universitas Negeri Malang. Latif Bolat merupakan musisi yang sekaligus penyair. Kepiawaiannya memainkan nada-nada yang bersifat sufis. Lantunan lagu dan petikan instrument khas turki yang bersisikan lafal Asma Allah, seperti nada-nada dzikir, bahkan juga mengiringi pembacaan puisi dari Jalaludin Rumi.

            Petikan alat musik khas Turki menjadi bahan apresiasi bagi mahasiswa Program Studi Pendidikan Seni Tari dan Musik di Sasana Budaya Universitas Negeri Malang. Mahasiswa sangat antusias dan beruntung, karena selama pandemi kegiatan offline semacam ini selama dua tahun tidak dilakukan. Lafif Bolat merupakan musisi yang memberikan materi workshop untuk pertama kali pada tahun 2022 ini. Sudah barang tentu benar-benar memberikan nutrisi artistik bagi mahasiswa.

            Petikan instrument khas Turki yang dibawa telah menjadikan suasana perhelatan pagi itu sangat religius. Bahkan mengundang penasaran bagi mahasiswa angkatan 2022. Dengan pertanyaan yang sangat menarik. Latif menjawab dengan santai, dan tegas. Bahkan ada pesan-pesan yang disampaikan, bahwa seorang mahasiswa harus benar-benar menentukan tujuan, bahkan jika ingin maju disarankan untuk dapat menguasai bahasa Inggris, karena bahasa itu merupakan bahasa pergaulan seniman dan ilmuwan.

            Di penghujung acara, Dr. Robby Hidajat, M.Sn. menyerahkan cinderamata berupa buku karya terbarunya kepada Latif Bolat dan Nur Hayati; manajer latif, berjudul: Zapin Melayu Indonesia-Malaysia: Penguasan Konstruksi Ruang Sosial Masyarakat Bangsa Serumpun (Zapin Melayu Indonesia-Malaysia: Mastery of Social Space Construction of Cognate Nation's Community).

Dr. Robby Hidajat, M.Sn. Menyerahkan Bukunya (Foto Ist.)

            Hal ini dimaksudkan sebagai bagian yang mampu memberikan ikatan sosial antara staf pengajar di Lingkungan Program Studi Pendidikan Seni Tari dan Musik Departemen Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang, demikian penegasan dari ketua pelaksana Workshop; Hartono, M.Sn.



Reporter          : Muhammad ‘Afaf Hasyimy
Editor              : Harda Gumelar

Posting Komentar untuk "Latif Bolat; Musisi Islami Turki Singgah di Universitas Negeri Malang"