Kerjasama, Peningkatan Kompetensi Siswa SMK skill Animasi Keguruan Seni Rupa (KSR) Universitas Negeri Malang – SMKN 11 Malang – Malang Ilustrator and Comic Artist (MICA)

Damariotimes. Malang 24 Juli 2022. Pasca di tetapkannya kompetensi keahlian animasi sebagai Pusat Keunggulan (PK) oleh Dirjen Vokasi Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Langkah yang ditempuh adalah memperkuat dan memperbanyak kerjasama dengan industri dan komunitas.

Sesi foto bersama, penyelenggara dan peserta workshop animasi (Foto Ist.)

Kerjasama tersebut ditujukan untuk memperkuat link and match dan peningkatan kompetensi siswa SMKN 11 Malang khususnya kompetensi keahlian animasi. Program tersebut diawali dengan kerjasam dengan komunitas melalui MOU dengan Malang Ilustrator and Comic Artis (MICA) dengan durasi kerjasama selama 1 tahun.

Paska sarjana Magister Keguruan Seni Rupa Universitas Negeri Malang  hadir sebagai inisiator. Kegiatan tersebut menggandengakan sekolah vokasi dengan komunitas sebagai langkah untuk mengembangkan potensi, kompetensi dan skill siswa sekolah vokasi, khususnya SMKN 11 Malang.

Materi terkait pengembangan industri kreatif dengan judul “Meningkatkan Peluang Karir Malang Ilustrator dan Komikus Artist (MICA) pada Industri Kreatif melalui Pengembangan Skill di Bidang Animasi” di sampaikan oleh mahasiswa paska sarjana Keguruan Seni Rupa, Kadek Sumanggala, Denny Hendrifika dan Bambang Hermanto yang didampingi langsung oleh Dosen pembimbing dan sekaligus Ketua Departemen Seni dan Desain, Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang; DR. Wida Rahayuningtyas, M.Pd.

Sambutan Kepala Departemen Seni dan Desain UM, DR. Wida Rahayuningtyas, M.Pd. (Foto Ist.)
            Kerjasama  SMKN 11 MICA melalui skema Gathering and Sharing dengan SMKN 11 Malang melalui skema pelaksanaan kerja bareng, yaitu antara mahasiswa Paska Sarjana Keguruan Seni Rupa UM, SMKN 11 Malang, dan MICA. Kegiatan tersebut dirancang selama 1 tahun, terhitung 2022 sampai 2023.

Harapan Kedepan, pelaksanaan workshop dan pelatihan  akan didampingi oleh mahasiswa KSR UM sebagai kontributor dalam pengisian materi dalam kegiatan peningkatan kompetensi dan skill siswa SMK.

Pemateri workshop;  Kadek, Denny, Bambang – Pasca Sarjana Keguruan Seni Rupa UM (Foto Ist.)

 Hadir dalam seminar yang sekaligus penandatanganan MoU pada tanggal 25 Juni 2022; Kepala sekolah SMKN 11 Malang; Suhari, M.Pd, Ketua MICA; Muhammad Rita Mauludin, Kepala Departemen Seni dan Desain Universitas Negeri Malang; DR. Wida Rahayungtyas, M.Pd., dan Dosen Departemen Seni dan Desain Bapak Dimas Sevica.

Acara seminar yang berlangsung hidmat dan ditindaklanjuti dengan penyusunan jadwal dan materi pelatihan animasi selama 1 tahun. Hal ini tentunya sangat menguntungkan para siswa SMK di kemudian harinya.

 



Reporter              : Muhammad Affaf Hasiymy
Editor                  : Harda Gumelar

Posting Komentar untuk "Kerjasama, Peningkatan Kompetensi Siswa SMK skill Animasi Keguruan Seni Rupa (KSR) Universitas Negeri Malang – SMKN 11 Malang – Malang Ilustrator and Comic Artist (MICA)"