Benchmarking Departemen Seni Dan Desain (DSD) UM ke ISI Denpasar Bali bersama Wahana Tour & Travel (part 2)

Damariotimes. Pada hari kedua, tujuan program kerja dari tim DSD FS Universitas Negeri Malang adalah melakukan kerjasama dan penandatanganan MoU dengan Fakultas Seni Pertunjukan dan Fakultas Seni Rupa ISI Denpasar.

Sebagian Rombongan berfoto Bersama di ISI Denpasar Bali (Foto Ist.)
            Perguruan tinggi seni yang ada di Denpasar ini memiliki potensi besar, utamanya mengembangkan budaya lokal. Salah satu kunjungan ke Jurusan Pendidikan Seni Pertunjukan di terima langsung oleh Dekan FSP, Dr. I Ketut Garwa, S,Sn., M.Sn dan di FSRD dan rombongan bertemu dengan Rektor ISI Denpasar, Prof. Dr. Kun Adnyana.

Perwakilan Rombongan diterima oleh Rektor ISI Denpasar: Prof. Dr. Kun Adnyana (Foto Ist.)
             Sementara untuk rombongan di Jurusan Pendidikan Seni Pertunjukan seusai diterima oleh Dekan Fakultas Seni Pertunjukan dan melakukan penandatanganan MoU kerjasama pelaksanaan MBKM dan juga penelitian dan publikasi ilmiah. Bahkan Dekan Seni Petunjukan juga menyebutkan, Jurusan Pendidikan Seni Pertunjukan telah menerapkan hubungan dengan Program Studi Pendidikan Seni Tari dan Musik, tahun 2015 dan 2017 telah mengundang Dr. Robby Hidajat, M.Sn. memberikan workshop Koreografi pendidikan. Bahkan di jurusan pendidikan seni pertunjukan juga menggunakan buku Tari Pendidikan karya Dr. Robby Hidajat, M.Sn.

            Jalinan kerjasama antara Prodi Pendidikan seni pertunjukan (d/h Sendratasik) dengan Program Studi Pendidikan seni musik dan tari sudah dilakukan sejak tahun 2015. Hal ini termasuk penerbitan ilmiah.

Sesi foto bersama di Fakultas Seni Pertunjukan ISI Denpasar (Foto ist.)
 

Setelah acara seremonial rombongan dipersilahkan berkeliling melihat semua fasilitas perkuliahan dan diberikan cinderamata oleh kaprodi Pendidikan Seni Pertunjukan. Program studi pendidikan seni pertunjukan FSP ISI Denpasar memiliki berbagai studio praktik; studio praktik tari, kostum dan tata rias, gamelan Bali, gamelan Jawa, dan studio pedalangan. Ruang-ruang kelas teori juga tertata rapi yang bersebelahan dengan ruang dosen. Ruang kelas dijauhkan dengan ruang praktik, sehingga tidak mengalami kebisingan pada waktu kegiatan belajar teori.

 

Koorprodi Pendidikan Seni Pertunjukan; I WAYAN BUDIARSA,S.Sn., M.Si memberikan cinderamata kepada Dr. Robby Hidajat, M.Sn. sebagai perwakilan Prodi Pendidikan seni tari dan musik DSD FS UM. (foto ist.)
            Prodi Pendidikan Seni Tari dan Musik merasa sangat senang, dan puas ketika mengunjungi prodi Pendidikan seni pertunjukan. Karena program studi tersebut dianggap memiliki kemajuan yang pesat, bahkan para lulusannya memiliki kompetensi mengajar di berbagai sekolah dan juga sekaa desa untuk membantu konservasi kekayaan seni tari Bali.

Kunjungan di ISI Denpasar ini, kesigapan dari armada Wahana Tour & Travel juga sangat dapat diandalkan. Karena ikut bertanggung jawab pelaksanaan kunjungan kerjasama. Utamanya dari aspek dokumentasi, Mas Faul benar-benar siaga. Sehingga jika rombongan mengalami kesulitan untuk membuat laporan, maka dapat dipastikan bahwa dokumentasi dari Wahana Tour & Travel pasti telah disiapkan.



Reporter              : R. Hidajat
Editor                  : Muhammad ‘Afaf Hasyimy

Posting Komentar untuk "Benchmarking Departemen Seni Dan Desain (DSD) UM ke ISI Denpasar Bali bersama Wahana Tour & Travel (part 2)"