Apa Alasan Check In Hotel Jam 14.00 dan Check Out Jam 12.00

Damariotimes. Bagi para pelajar dan atau wisatawan yang berkunjung ke suatu daerah wisata atau berbagai urusan tertentu, sudah dapat dipastikan bahwa mereka pasti membutuhkan akomodasi penginapan. Mereka tentu akan diterima (check in pada pukul 14.00) dan diharuskan sudah bersiap-siap untuk check out pada pukul 12.00.

Fasilitas hotel untuk beristirahat (Foto Ist.)
                Tujuan dari para wisatawan atau mereka yang harus berpergian ke kota tertentu adalah untuk beristirahat, tidur. Oleh karena itu pengelola hotel atau penginapan menetapkan peraturan yang diikuti secara umum, yaitu agar istirahat mereka benar-benar berkualitas.

                Peraturan tersebut menjadi pegangan oleh para pengelola trevel biro, ketika para wisatawan tiba disuatu tempat terlebih dahulu langsung dibawa berkeliling ke objek wisata tertentu, setelah menikmati perjalanan yang cukup melelahkan, para wisatawan langsung diarahkan untuk istirahat di hotel yang dituju. Mereka akan check in selepas jam 14.00. tujuannya para wisatawan dapat menikmati istirahatnya, dan keesokan harinya dapat menikmati sarapan pagi. Jika mereka hanya satu malam menginap, maka selepas sarapan pagi, di bawah jam 12.00 sudah harus berkemas untuk melanjutkan perjalanan ke tempat yang lain.

Menunggu untuk check out dari hotel (Foto ist.)
                 Apabila para wisatawan masih menginap untuk beberapa waktu, tetap dilakukan siklus yang telah ditetapkan. Hal ini tentunya dapat menyesuaikan dengan berbagai kebutuhan, baik untuk pariwisata atau untuk urusan kantor, seminar, atau keperluan rapat tertentu.

                Jeda waktu antara pukul 12.00 untuk check out dan pukul 13.00 untuk check in adalah dibutuhkan bagi staf housekeeping membersihkan dan menyiapkan kamar untuk tamu yang berikutnya. Atau untuk membersihkan kamar untuk mereka yang tetap akan menginap. Biasanya pembersihan kamar dilakukan antara pukul 10.00-12.00.

                Hal ini tentu tidak berlaku untuk hotel-hotel kelas melati, biasanya mereka menerima tamu secara fleksibel. Namun ketentuan untuk membersihkan kamar masih mengikuti standar oprasional yang berlaku secara umum.

                Oleh karena itu, jika anda merencanakan untuk berpergian tidak menggunakan biro perjalanan maka dapat menyesuaikan perarturan tersebut. jika anda datang terlalu pagi, maka anda dapat diberikan kamar yang kosong, namun tetap harus membayar, setidaknya 50%, atau di cas dengan tarif perjam, misalnya harus membayar waktu menunggu check in dengan tarif Rp. 25.000,/jam. Namun jika anda check out kurang dari waktu yang ditentukan, pukul 12.00. maka tidak diperhitungkan pengurangan biaya, tetap harus membayar sebagaimana anda menempati hotel tersebut sesuai dengan ketentuan yang berlaku.




Penulis                  : S. Narwati
Editor                    : Muhammad Afaf Hasyimy

1 komentar untuk "Apa Alasan Check In Hotel Jam 14.00 dan Check Out Jam 12.00"