Permen Gulali Londo Muncul di Pasar Takjil Kidul Pasar Malang

Damariotimes. Jajanan jadul yang terbuat dari gula yang dipanaskan sehingga menjadi lumer. Lelehan gula tersebut selama proses telah diberikan warna makanan, sehingga mempunyai penampilan yang menarik.

                Pedagang gulali yang langka itu dapat dijumpai di Pasar Takjil Kidul Pasar (Jl. Kyai Tamin) Malang, dari deretan pedagang takjil terdapat pedagang Gulali Londo. Memang pedangan gulali ini sangat khas, yaitu berdagang secara keliling ke sekolah-sekolah. Namun setiap bulan Ramadhan selalu muncul di pasar takjil Kidul Pasar Malang.

                Bagi anda yang terlahir tahun 70-an, tentu seringkali menemui pedagang gulali ini di depan sekolah. Pedagangnya sangat trampil sekali, dari lelehan gula panas yang di lumerkan di dalam wajan kecil dengan api yang terus menyala, sehingga setiap kali diangkat dengan kayu tumpul, dan kecerukan beberapa kali dan ditarik. Lumeran gula itu dibentuk seperti kantong, yang kemudian di bentuk menyerupai burung-burungan dan atau seperti bunga yang menarik.

Pedagang Gulali di Pasar Takjil Kidul Pasar Malang (Foto ist.)

                Daya tarik gulali ini tidak hanya bentuk bunga atau lingkaran seperti permen loypop, tapi pedagangnya juga mempunyai cetakan berbagai bentuk, seperti mobil-mobilan, berbagai jenis binatang, atau bentuk-bentuk yang menarik. Cara membuatnya terlebih dahulu gula lumer dibentuk seperti kantong dan diujungya diulur pajang, sehingga menjadi seperti sedotan. Kantong gulali lumer dimasukan ke dalam cetakan yang terlebih dahulu diberikan tepung. Kemudian dengan pedagangnya ditiup. Setelah cukup, ada bagian lubang dicetakan dimasukan lidi bambu untuk pegangan.

                Rupanya setelah banyak mengetahuik kesehatan, anak-anak atas anjuran orang tuanya tidak lagi berminat membeli gulali yang berbentuk permainan. Jika mereka ingin membeli, pastilah memilih bentuk yang bermotif bunga-bungan.



Reporter              : R. Hidajat
Editor                  : Harda Gumelar

Posting Komentar untuk "Permen Gulali Londo Muncul di Pasar Takjil Kidul Pasar Malang"