Buku Pembuatan Topeng Panji Jawa Hasil Penelitian UM dan UNY

Damariotimes, Atas terbitnya buku berjudul: Fungsi, Proses, Dan Makna Estetik Topeng Panji Jawa. Tulisan hasil penelitian dari Dr. Robby Hidajat, M.Sn., Dra. EW. Suprihatin DP., M.Pd., dari Jurusan Seni dan Desain Fak. Sastra Universitas Negeri Malang dan Dr. Martono, M.Pd. dari Jurusan Seni Rupa Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Yogyakarta. Buku ini terbit pertama kali tahun 2019 oleh penerbit UM.

Caver Buku Topeng Panji Jawa (Foto Ist.)

Sudah barang tentu terwujudnya buku ini atas vasilitasi Fakultas Sastra UM dan LP2M UM, serta  partisipasi mahasiswa program studi Pendidikan Seni tari dan Musik, Jurusan Seni dan Desain FS UM, yaitu  Mohammad Sirojul Munir, sebagai pengumpul data lapangan. Bahkan caver buku tersebut dirancang oleh Muhammad Affaf Hasiymi mahasiswa Program Studi Magister Keguruan Seni Rupa Jurusan Seni dan Desain FS UM.

            Buku yang sederhana ini dimaksudkan sebagai buku teks untuk mahasiswa di Universitas Negeri Malang maupun di Universitas Negeri Yogyakarta. Karena keterbatasan berbagai hal, buku ini tentu masih jauh dari sempurna. Namun kerjasama penelitian yang menghasilkan karya tulis ilmiah berupa buku dan juga artikel ini diharapkan dapat memberikan manfaat yang sangat besar.

Mengingat buku tersebut berisi tentang: Buku yang ditulis bersama  Dr. Robby Hidajat (ketua peneliti), dan anggota terdiri dari: M.Sn., Dra. EW. Suprihatin DP., M.Pd., dari Jurusan Seni dan Desain Fak. Sastra Universitas Negeri Malang dan Dr. Martono, M.Pd. dari Jurusan Seni Rupa Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Yogyakarta. Bahan utama tulisan ini adalah hasil penelitian tentang pembelajaran seni topeng di dua perguruan tinggi tersebut.

            Buku teks ini dimaksudkan sebagai referensi  mahasiswa di Universitas Negeri Malang maupun di Universitas Negeri Yogyakarta. Isinya meliputi fungsi topeng dari zaman ke zaman, dan juga memaparkan jenis dan bentuk topeng Jawa (Jawa Timur dan Jawa Tengah) dan proses pembuatan topeng di Jawa. Selain dari pada itu juga membahas tentang nilai estetik topeng tradisional dan juga pengembangannya. Topeng sebagai hasil kreativitas melahirkan berbagai teknik pemakaian, bentuk topeng, dan ciri-ciri yang khas sebagai property seni pertunjukan.

            Dr. Martono, M.Pd. sebagai pengajar matakuliah kriya kayu yang memiliki banyak pengalaman meneliti topeng Jawa, membahas secara luas tentang perkembangan dan teknik proses produksi, Dr. Robby Hidajat, M.Sn. dan Dra. EW. Suprihatin, DP., M.Pd. sebagai pengajar matakuliah koreografi yang mengembangkan fungsi topeng sebagai sajian pertunjukan.

Sudah barang tentu, langkah-langkah positif dan sistematik dikemudian hari diharapkan dapat memberikan peningkatan atas kerjasama dan upaya penulisan buku dan artikel jurnal ilmiah. Oleh karena itu, tegursapa dan masukan yang positif tentu sangat kami harapkan.

            Demikianlah harapkan harapan dari tim peneliti;  semoga dikemudian hari dapat melahirkan karya-karya ilmiah yang lebih baik. Karena sebuah karya akademik itu tentu dalam proses yang bersifat kontinu, kesinambungannya akan memberikan dampak kualitas. Hal ini yang menjadi komitmen dari peneliti, yaitu setiap hasil penelitian selalu diikuti oleh hasil buku teks, atau books chapter yang berguna bagi mahasiswa.

 


Reporter          : Harda Gumelar
Editor              : R. Hidajat

Posting Komentar untuk "Buku Pembuatan Topeng Panji Jawa Hasil Penelitian UM dan UNY"