Mengetahui Manfaat Buah Semangka

Damariotimes. Semua orang tentu sudah tidak asing lagi dengan buah semangka (Citrullus vulgaris). Buah yang banyak tumbuh di Afrika. Jika memperhatikan, semangka ini digolongkan dalam buah labuh-lahutan (Cucurbitaceae) yang memiliki varian sekitar 750 jenis.

Semangka enak (Sumber: pixnio.com)
                Pendapat yang lain, bahwa semangka adalah salah satu buah yang sudah ada sejak zaman Mesir, karena buah semangka sudah dikonsumsi oleh para raja-raja yang berada di lembah sungai Nil dari 4.000 tahun yang lalu.

                Sejauh itu pula, buah semangka yang berkulit hidau, dan berbuah merah segar. Tentunya buah ini sangat baik untuk dikonsumsi pada musim panas. Bahkan akhir-akhir ini marak orang yang menjual es semangka. Selain dikonsumsi sebagai buah atau juga minuman, semangka memiliki manfaat yang baik sekali untuk tubuh.

1.       Mencegah deidrasi

Seperti yang telah diketahui umum, bahwa buah semangka yang lebih dari 70% memiliki kandungan air. Oleh karena itu sangat baik untuk dikonsumsi bagi mereka yang merasa kurang minum air. Sehingga tubuh masih dalam kondisi yang bugar.

2.       Membantu pencernakan

Buah semangka juga mengandung serat, jadi sangat bagus untuk meingkatkan sistem pencernakan dan mencegah sembelit

3.       Menjaga Kesehatan Jantung

Ada kandungan nutrisi dalam buah semangka mempunyai manfaat khusus untuk Kesehatan jantung. Likopen dapat membantu menurunkan kolestrol dan tekanana darah, lokopen juga dapat membantu mencegah kerusakan oksidatif pada kolestrol.

Di dalam semangka  mengandung citrulline, asam amino yang dapat meningkatkan kadar nitrat oksigen yang dapat membantu pembuluh darah berkembang dan dapat menurunkan tekanan darah.

4.       Menurunkan stress oksidatif

Semangka dapat membantu menurunkan peradangan dan stress oksidatif, sebab dalam semangka terdapat anksidan anti inflamasi lycopene dan juga vitamin. Antioksidan, likopen juga berguna untuk Kesehatan otak.

5.       Membantu meredakan nyeri otot

Buah semangka dapat membantu meredakan nyeri otot. Sitrulin, asam amino dalam semangka, dapat mengurangi nyeri otot.

Sejumlah manfaat buah semangka tentunya bermanfaat bagi Kesehatan tubuh, hal ini dimungkinkan dapat mengkonsumsi buah semangka secara rutin. Hal ini tentunya dapat menjaga kebugaran tubuh.

 

Reporter              : R. Hidajat
Editor                  : Harda Gumelar

Posting Komentar untuk "Mengetahui Manfaat Buah Semangka"