Singing Bowl: Manfaat Untuk Kesehatan

Damariotimes - Alat ritual dari Tibet ini mendadak viral ketika digunakan oleh Rara Wulandari Sang pawang  hujan di MotoGP Mandalika. Alat sejenis lonceng yang terbuat dari logam yang dapat mengeluarkan suara ketika digesek atau dipukul dengan tongkat kayu kecil. Berbagai sosial media juga menyempatkan untuk melirik alat musik tersebut dari berbagai sudut, bahkan juga menjadi komodite yang mendadak ditawarkan.

Singing Bowl (Foto: Pxhere.com)
                Singing bowl sudah ada sejak ribuan tahun yang lalu, dan telah digunakan oleh masyarakat Tibet. Selain sebagai alat ritual penangkal hujan oleh Rara Wulandari, alat ini  diyakini memiliki manfaat yang baik untuk Kesehatan; karena berdasarkan bunyi yang dikeluarkan selama proses beruara yang dapat mempengaruhi gelombang elektro magnetik pada alam atau juga manusia.

                Damariotimes merangkum perihal singing bowl dari berbagai sumber, yaitu sebagai alat untuk terapi. Sudah barang tentu alat ini memeng menjadi media untuk pengobatan dari (1) dipresi; jika diperdengarkan suara singing bowl dapat membuat pikiran menjadi relesasi dan menghalau perasaan cemas. Karena carakerjanya adalah mempengaruhi gelombang otak yang menyebabkan efek psikologis, (2) mengembalikan ganggungan tidur, karena dampak dipresi salah satunya adalah mengakibatkan gangguan tidur. Dengan suara dari singing bowl dapat menurunkan kecematan dan ketegangan yang memungkinkan orang dapat meningkatkan kualitas tidurnya, (3) merangsang sistem kekebalan tubuh. Geteran suara dari singing bowl yang memiliki efek positif menyelaraskan sel-sel dan menyeimbangkan sistem energi tubuh, (4) Pereda rasa nyeri, bagi mereka yang mengalami nyeri tulang belakang dapat merasakan adanya perubahan, karena suara singing bowl dapat mensimulasi otak agar fokus terhadap rasa sakit terkurangi, (5) menurunkan tekanana darah, manipulasi dari suara singing bowl selama 12 menit dapat membantu menurunkan tekanan daerah dan menormalkan detak jantung.

                Semua manfaat yang diakibatkan oleh singing bowl ini tentunya dilakukan oleh seorang trapis yang berpengalaman. Oleh karena itu, akan tidak memiliki efek yang maksimal jika hanya dicoba-caoba sendiri. Nanun yang jelas, alat ini memang memiliki sensasi yang dapat menenangkan, khususnya di tempat yang tenang. Suara getarannya mampu menciptakan kondisi yang memberikan sugesti pada rekasi terhadap tubuh atau pikiran yang tegang dan gelissah.



Reporter              : R. Hidajat
Editor                  : Harda Gumelar

Posting Komentar untuk "Singing Bowl: Manfaat Untuk Kesehatan"