Sepakat Dan Bertekat Mengambil Keputusan Resolusi Tahun 2022

Ilustrasi Resolusi Tahun 2022 (Sumber:Flickr.com)
 

            DAMARIOTIMES - Selama masa pendemi-Covid 19 di sepanjang tahun 2020-2021 menjadi pengalaman yang sangat berharga. Semua yang terjadi memberikan pelajaran dan pengajaran yang sangat berharga, bahkan benar-benar menyudutkan diri kesudut yang tidak dapat lagi menemukan sikap yang bijak.

            Secara sosial tahun lalu telah meposisikan setiap individu sebagai orang yang benar-benar kalah dalam menyikapi hidup. Tidak ada celah untuk orang yang dapat menyatakan bahwa dirinya adalah luar biasa. Nyatanya ‘kecongkaan’ yang secara sengaja diungkapkan telah dipatahkan oleh sesuatu yang tidak dapat kita lihat secara nyata.

            Dalam hal ini sekalipun orang yang merasa diuntungkan, posisinya tetap dalam situasi yang tidak benar-benar menjadi orang yang berarti di muka bumi ini. Sikap yang mereka ambil jika tidak jatuh pada kondisi realitas, ternyata patah pada kondisi mentalitas.

            Memasuki tahun 2020, Langkah mengambil keputusan untuk yang membuat orang dapat menjadi bijak secara sosial dan secara moral. Agar pengalaman tahun lalu yang terkurung, dipenjarakan oleh rasa takut dan cemas dapat membuat kesadaran sosial semakin dapat memiliki arti penting, yaitu

(1)   Bersikap Terbuka

bersikap terbuka memberikan arti, bahwa kesadaran anda benar-benar memiliki arti penting untuk orang lain. Karena sikap yang tertutup akan merugikan untuk diri sendiri dan juga orang lain, semuanya secara cepat dapat dilakukan oleh orang lain dalam waktu yang kita juga tidak pernah tahu mereka yang dapat mengambil kesempatan yang bermanfaat. Sehingga tidak ada kata kalah atau ketinggalan, mengakui tentang banyak hal tentang ketidak tahuan lebih baik dari pada menyatakan dirinya paling tahu. Karena di era ini tidak ada satupun yang benar-benar paling mengetahui tentang segala seuatu. Mengajar tidak lebih baik dari yang diarjar, demikian juga yang belajar tidak lebih beruntung dari mereka yang tidak pernah punya kesempatan belajar.

(2)   Memelihara Kesehatan dan Mentalitas

Resolosi memelihara Kesehatan dan mentalitas menjadi hal yang paling bagus, sehingga Kesehatan dan mentalitas menjadi sangat utama. Orang akan tidak lebih beruntung ketika keduanya mengalami gangguan yang disebabkan tidak dapat mengikuti perubahan yang secara cepat. Orang menjadi sangat bersyukur ketika dianugrahi Kesehatan, bahkan mentalitas yang baik. Artinya dalam segala sesuatu akan dapat mengambil langkah dan kebijakan yang bararti bagi dirinya sendiri dan orang lain.

(3)   Fokus pada Passion Secara Sportif

Resolosi produktif ini yang terus akan menjadi etos kerja di masa yang akan datang, orang didorong untuk fokus pada passion. Bukan ilmu pengetahuan yang lebih berarti, tapi passion yang dapat ditekuni secara fokus. Karena gerak cepat dari zaman akan mendorong orang untuk nyaman dalam melakukan pekerjaan yang tidak ada tuntutan dan tekanan dari manapun. Tapi jika sudah terperosok pada suatu ‘pekerjaan’ maka disitu terjadi penjajahan kemanusiaan, karena kita akan diadu bersaing dengan teknologi.

            Resolosi tahun 2022 menjadi bagian dari hidup baru, masa baru, dan yang sangat penting adalah keputusan baru yang lebih baik menjadi orang yang bijak dari pada menjadi orang yang benar. Kebijakan akan mendorong orang menjadi baik lahir dan batin.

 

 
Penulis            : R. Hidajat
Editor              : Harda Gumelar

Posting Komentar untuk "Sepakat Dan Bertekat Mengambil Keputusan Resolusi Tahun 2022"