Kebangkitan Majapahit ke 2 Spirit Kejayaan Majapahit

DAMARIOTIMES - Kebangkitan Majapahit ke 2, itu issue yang semakin maujud di bumi Nusantara saat ini. Saya optimis akan hal itu. Saya meyakini dengan maksud bahwa PANCASILA dan BHINEKA TUNGGAL IKA sebagai spirit Majapahit itulah yang semakin hidup membawa harmoni keselarasan kedamaian semesta. Bukan soal bentuk pemerintahan atau pilihan Agama dan Keyakinan. Sebagai bagian dari anak bangsa, saya turut mendoa dan sabdakan agar jiwa jiwa luhur dan suci murni semakin mekar bagai teratai di kalbu pemimpin dan rakyat Indonesia. Siapa pun mereka tanpa terkecuali.

Foto : Kemarin sore bersama Bupati Mojokerto serta para tokoh Agama dan Budaya turut menyaksikan dan memakaikan busana Trowulan kepada Pak Ganjar Pranowo.

Jiwa PANCASILA adalah spiritualitas yang menjadi inti ajaran seluruh Agama dan Keyakinan kepada TUHAN YME. Simbol-simbol Agama dan Keyakinan berupa nama, bahasa serta segala "Sesaji Uba Rampe" adalah AGEMANING AJI atau pakaian ketakwaan yang merupakan ekspresi kemerdekaan nurani setiap orang. Akarnya adalah rasa KASIH (ARRAHMAN) dari GUSTI ALLAH Kang Murbeng Dumadi.

Tak heran bahwa Nusantara ini akan bangkit berjaya menjadi mercu suar rahmat bagi dunia (Rahmatan lil 'Alamin) saat manusia Indonesia mampu memetik hikmah kebaikan dari realitas perbedaan. Istilah yang pernah disabdakan Leluhur adalah "ARAB DIGARAP, JAWA DIGAWA, CINA DIRAHSA". Kemampuan mengambil mutiara dari samudra kehidupan. "ALWAYS LOOK AT THE BRIGHT SIDE", sebagai modal cahaya batin untuk merekonstruksi kejayaan bangsa.

Tradisi Ngudi Kawicaksanan Hurip (Foto ist.)
            Bagaimana dengan kearifan BARAT? Tiada lain bahwa tradisi filsafat dan intelektual saat ini semakin berorientasi ke TIMUR sebagai buah pemikiran dari kesimpulan yang jujur. Tradisi Ngudi Kawicaksanan Hurip semakin berorientasi kepada Ngudi Kasampurnan Gesang. Maka bagi orang Jawa Nusantara, yang ada adalah jiwa murni penuh ketulusan Kasih. Sesuatu yang membuat setiap diri jadi Ora Kagetan, Ora Gumunan menyaksikan perbedaan. Bahkan jiwanya makin syahadah menyaksikan ke ESA an Sang MAHA TUNGGAL.

 

Kontributor     : Wibie Maharddhika
Editor              : R. Hidajat

Posting Komentar untuk "Kebangkitan Majapahit ke 2 Spirit Kejayaan Majapahit"