Bagus Brahmanto Pameran Seni Lukis Digital di Dewan Kesenian Malang (DKM)

DAMARIOTIMES - Sabtu, 15-19 Januari 2022 Dewan Kesenian Malang Menggelar seni lukis digital karya Bagus Berahmananto. Pameran yang bertajuk GOES Solo Art Exshibition 2022 merupakan karya lukis yang secara keseluruhan di hasilkan dari smatphon. Karya seni yang Mellenial sekali.

Mantan Guru SMA N III Malang ini mefokuskan sebagai pelukis digital, hal ini sangat Langkah. Bahkan generasi mellenial yang sangat akrab dengan budaya digital tidak banyak yang berminat.  Belum ada yang meneliti, generasi mellenial yang tidak tertarik pada proses melukis dengan smatphon dengan aplikasi yang dapat membuat tampilan seni lukis yang hasil visualnya tidak berbeda dengan lukisan yang dikerjakan secara menual.

Potret diri, salah satu karya Bagus Brahmananto (Foto Ist.)

                Bagus Brahmananto, seniman serba bisa dan merupakan seniman senior di Kota Malang. Seniman generasi tahun 1970an ini ternyata proses kreatifnya membuahkan hasil yang sangat luar biasa. Setidaknya komitmen pada dunia kesenimanannya tidak terkikis oleh usia. Kemampuan dan ketrampilannya tidak menyerah dengan kondisi usia yang tak lagi muda.

                Lukisan yang digelar di dua Gedung dan satu pendopo di DKM, tampak terpajang rapi, berbagai objek yang utamanya menampilkan figure wanita. Hal ini tampak menunjukan semangat gairah kreatif yang seringkali tampil dilambangkan sebagai wanita. Bahkan figure-figur wanita seringkali secara romatis, dan erotis, serta eksotik terekspresikan dengan warna-awrana yang temaram. Maka sifat romatismenya benar-benar terekspresikan sebagai pendalaman dan penghayatan kehidupannya yang sangat tegar. Bahkan ketegaran tersebut menjadi sangat dinamis ketika muncul wanita dan juga alat musik dalam bentuk gitar atau celo. Ini merupakan indek dari bentuk figure wanita yang telah memberikan semangat hidup tak kunjung padam.

 Jika melacak pada masa remaja sebagai penari dan pemusik, memang sangat beralasan. Bahwa Bagus memiliki gairah yang sangat luar biasa, semangat yang terus membara. Sudah barang tentu objek-objek wanita dan sesekali muncul objek bunga menunjukan gairah dan semangat kreatif yang sangat luar biasa. Libido kreatifnya tidak kunjung padam. Hal tersebut benar-benar ditunjukan dengan penjelajahan berbagai figure wanita, mulai yang legende wanita dalam figure Nyai Rara Kidul, Dewi Sri, hingga Roro Mendut. Legend ini menjadi pendorong kuat daripada masa lalunya yang sangat dekat dengan berbagai tema-tema seni pertunjukan, karena pengalaman kreatifnya sebagai koreografer tidak ingin dihapuskan, karena banyak tersimpan kenangan yang indah.

Objek Wanita karya seni lukis digital Bagus Brahmananto (foto Ist.)
                 Disamping itu, gairahnya kreatifnya bersifat humanis, ada figure anak-anak, kedekatannya dengan anak-anak juga menunjukan jiwa kebapakan, maklum sifat sebagai guru benar-benar terekspresikan secara mendalam. Pelatih tari dan musik yang sangat akrap dengan siswanya ini, tentunya masih sangat dirindukan oleh mantan-amantan siswanya.

                Semangat yang kompleks dalam proses kreatif Bagus Brahmanto sebagi seorang seniman juga terekspresikan dengan mitologis lakon wayang, baik sebagai figtur Bima atau Hanoman. Hal ini dapat dibaca pendalaman  spirit proses kreatif dalam berkesenian yang bersifat multidimensional. Hal ini sekaligus menunjukan, bahwa Bagus Brahmanto adalah seniman serba bisa.

                Jika anda mengamati secara lebih dekat karya-karya yang terpajang di tiga Gedung di DKM, tentu akan menjumpai perihal perjalanan hidup seorang seniman yang dapat dimaklumni, banyak cerita dari seorang seniman yang dimasa tuanya masih mampu berproses. Sementara seniman yang lain sudah tidak mampu lagi membangkitkan semangat libido kreatifnya. Karena pengalaman masa lalunya tidak lagi mampu dibakar kembali dengan harapan. Tampaknya Bagus Brahmanato yang selama 5 hari berpamaeran di DKM menunjukan dan membuktikan, bahwa proses kreatifnya itu adalah keberhasilan dalam membakar masalalunya, bahkan menunjukan bahwa hingga saat ini dirinya adalah sosok seniman yang sangat tergar. Hal tersebut jelas terbaca pada karya-karya lukisan digitalnya.



Reporter                : Harda Gumelar
Editor                    : R. Hidajat

Posting Komentar untuk "Bagus Brahmanto Pameran Seni Lukis Digital di Dewan Kesenian Malang (DKM)"