Benarkah Omicron Sebagai Vaksin Alami Yang Akan Mengakhiri Pandemi Covid-19?

Ilustrasi (Sumber: pixabay.com)
             DAMARIOTIMES - Dilangsir oleh media online Outlook yang mengemukakan pendapat para peneliti bidang kesehatan yang terdiri dari para dokter. Persebaran Omicron yang sangat cepat, namun tidak berdampak pada kesehatan masyarakat merupakan ‘vaksin alami.’ Artinya jika pernyataan tersebut benar, maka Omicron ini akan mengakhiri persebaran pandemi covid-19.

            Media online tersebut melangsir berita pernyataan ahli imunologi Gobardhan Das, tanggal 30 Desember 2021. Professor kedoktertan Molekuler dari Universitas Jawaharlal Nehru mengemukakan; Omicron dimungkinkan merupakan vaksin alami. Jika diperhatikan Omicorn merupakan versi varian Delta dengan  tambahan mutasinya, jika orang telah terjangkit gejalannya, orang tidak dilakukan perawatan di rumah sakit, karena gejalannya ringan.

            Berita tersebut mungkin menjadi kabar yang menggembirakan, terlebih ada pendapat jika varian Omicron tidak bertahan di daerah-daerah beriklim panas. Dengan demikian, Omicron tidak menjadi ganas. Sungguhpun demikian. Masyarakat tentunya diharapkan tetap waspada, sehingga memang memasuki budaya New Normal. Kebiasaan hidup bersih, mencuci tangan, menggunakan masker, menjaga jarak dengan orang lain, menghindari kerumuman, dan selalu peka terhadap perubahan kondisi tubuh. Hal ini pertanda baik.

            Ahli imunologi yang lain, Dr. NK.Nehra, mantan dekan AIIMS dan ilmuwan emeritus Dewan Peneliti Medis India. Memperhatikan varian Omicron, Ia mengemukakan ‘sepenuhnya mendukung pandangan tentang Omicron sebagai virus alami. Mengingat gejala yang dapat diperhatian sampai saat ini. Omicron terdeteksi sangat ringan.

            Dua ilmuwan internasional tersebut menunjukan, Omicron yang tumbuh sepuluh kali lipat lebih lambat dari varian Delta diparu-paru. Hal ini merupakan pertanda sangat baik, namun para peneliti terus memantau perkembangan perilaku mutasinya dibeberapa waktu disemua negara.

            Memperhatikan laporan tersebut di atas. Maka memungkinkan diwaktu-waktu mendatang yang kondisi semakin longgar. Tentunya hal tersebut tidak dimaknai sebagai sesuatu yang telah aman, dan pandemi Covid-19 telah berakhir. Oleh karena itu perilaku bersih dan sehat dari berbagai lapisan masyarakat tetap harus dianjukan, utamanya diberbagai lingkungan pendidikan, lembaga yang memperkerjakan karyawan secara massal.



Reporter          : R. Hidajat
Editor              : Muhammad ‘Afaf Hasyimy
  

Posting Komentar untuk "Benarkah Omicron Sebagai Vaksin Alami Yang Akan Mengakhiri Pandemi Covid-19?"