Rumah Adat Desa Belik Sembalun Lombok Nusa Tenggara Barat

DAMARIOTIMES - Setiap daerah memiliki rumah adat tradisional, tampilannya ada yang sangat sederhana dan terbuat dari material lokal. Seperti rumah adat Desa Belik di Sembalun. Rumah adat ini didirikan di dekat sebuah view untuk melihat pemandangan di Desa Sembalun. Sehingga dapat melihat pemandangan alam pedesaan, jalan desa, dan persawahan yang menghijau.

Rumah adat Sembalun yang hanya tersisa 2 buah (Foto Ist.)
Rumah adat yang berjumlah 7 buah, kini tinggal 2 buah. Karena terkena gempa tahun 2018. Desa Sembalun porak-poranda diguncang gempa 7 Skala Richter.

Rumah adat Desa Sembalun ini beratap ijuk, ruangan didalamnya dapat menyesuaikan kondisi suhunya, jika hujan tidak terasa dingin, jika kemarau tidak panas.

Perjalanan ke tempat rumah adat ini melalui jalan desa yang hanya cukup satu kendaraan, sepanjang desa yang dilalui banyak ditumbuhi pohon bambu petung. Setiap rumpun bambu dipagari, maksudnya pagar-pagar itu menunjukan hak waris pada anak. Karena di dalam masyarakat Sembalun kalau menyelenggarakan upacara kematian semuanya menggunakan bambu.

 

Reporter: Harda Gumelar
Editor: Muhammad ‘Afaf Hasyimy

Posting Komentar untuk "Rumah Adat Desa Belik Sembalun Lombok Nusa Tenggara Barat"