Mahasiswa Konsentrasi Seni Drama Pada Program Studi Pendidikan Seni Tari dan Musik, Jurusan Seni dan Desain FS UM Menyelesaikan Studi Tepat Waktu

M. Sirojul Muniir, Mahasiswa Drama PSTM Ujian Skrispi secara daring (Foto Ist.)

            DAMARIOTIMES -  Pengembangan program di Jurusan Seni dan Desain senantiasa diupayakan, salah satunya adalah melengkapi program studi Pendidikan Seni Tari dan Musik. Pada tahun 2018 dibuka konsentrasi seni drama. Pembukaan ini merupakan upaya yang diangkat dari kebutuhan stakeholder. Mengingat ada beberapa sekolah, baik SMP atau SMA memang membutuhkan kompetensi siswa dibidang seni drama, namun selama ini belum dapat dipenuhi. Karena program studi seni drama lebih banyak dihasilkan dari perguruan tinggi murni.

            ​Langkah tanggap dari Jurusan Seni dan Desain ini disambut baik oleh pihak universitas, namun pada pelaksanaannya ada kendala yang cukup berat. Karena pada tahun 2019 banyak calon mahasiswa yang tidak tahu, ternyata pada Program Studi Pendidikan Seni Tari Dan Musik terdapat konsentrasi Seni Drama. Tahun 2020, ternyata sistem penerimaan mahasiswa yang memilih program studi Pendidikan seni drama hanya diperbolehkan bagi program studi Sendratasik (Seni, drama, tari, dan musik). Sehingga PSTM tidak mendapatkan kuota mengambil bagian menarik mahasiswa seni drama.

            Sungguhpun terjadi kendala, pihak pengelola program studi tetap memperjuangkan dan berusaha untuk menunjukan. Bahwa program studi ini memang memiliki keunggulan, utamanya dibidang kegiatan yang bersifat kompetitif dan aktivitas di bidang seni drama.

            Pada tanggal 4 Desember 2021, mahasiswa konsentrasi drama Angkatan 2018, M. Sirojul Muniir mampu mempertanggungjawabkan skripsinya yang berjudul: Gaya Penampilan Iman Soleh Dalam Pembacaan puisi “Air, Burung dan Nenek Moyang”.

            Menurut penjelasan ketua dewan penguji Drs. Soerjo Wido Minarto, M.Pd. menjelaskan pada pelaksanaan ujian cukup lancar, berbagai pertanyaan dosen penguji yang terdiri dari Ketua Drs. Soerjo Wido Minarto, M.Pd. anggota Ika Wahyu Widyawati, M.Pd., dan penguji utama Dr. Robby Hidajat, M.Sn.  Hasil presentasi pada bidang penguasaan materi penulisan dapat digolongkan bagus, dan presentasi serta kemampuan mempertanggunjawabkan bagus, hanya saja memang ada hal-hal yang masih membutuhkan penyempurnaan yang terkait dengan penguasan teori analisis. Hal ini tentunya tidak mengurangi lajunya M. Sirojul Muniir dalam menyelesaikan studi tepat waktu, yaitu 7 semester.

            Mahasiswa yang pernah mendapatkan juara dua tingkat nasional pada kongres AP2Seni 2021 itu ditanggapi penguji dua, Ika Wahyu Widyawati, M.Pd. sorotan tajam diarahkan tentang konsistensi tata tulis, dan membagian analisis tampilan Iman Soleh dalam membaca puisi, sehingga bahasa tubuh tidak atau belum dibahas lebih mendalam. Penggunaan istilah dalam menjelaskan satu topik tampak ada ketidakjelasan atau belum secara mendalam dijelaskan.

            Penguji tiga, Drs. Soerjo Wido Minarto, M.Pd. mencermati pada aspek tentang gaya seni, gaya seni yang dimaksudkan oleh penguji adalah dibentuk oleh lingkungan, etnika, hukum, dan spiritualitas. Namun gaya pribadi lebih bebas dalam pembentukannya.

            Hasil skripsi yang disampaikan oleh mahasiswa asal Kota Batu ini menunjukan hasil yang sangat berbeda dengan mahasiswa jurusan bahasa. Sehingga yang dibahas lebih mendalam pada aspek penyajian sebagai pertunjukan.


Reporter ​: Muhammad ‘Afaf Hasyimy
Editor ​​: Harda Gumelar

Posting Komentar untuk "Mahasiswa Konsentrasi Seni Drama Pada Program Studi Pendidikan Seni Tari dan Musik, Jurusan Seni dan Desain FS UM Menyelesaikan Studi Tepat Waktu"