Perjalanan Tim Dosen Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang Kerjasama dengan FKIP Universitas Mataram, Fakultas Tarbiyah, Fakultas Keguruan Universitas Islam Negeri Mataram dan Museum Nusa Tenggara Barat

Tim Dosen FS di FKIP Universitas Mataram, Fakultas Tarbiyah dipimpin oleh Prof. Dr. Yusuf Hanafi,S.Ag. M.Fil.I. (Foto Ist.)
 

            DAMARIOTIMES - Kegiatan kerjasama tim Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang ke tiga Lembaga di Lombok Nusa Tenggara Barat berlangsung mulai tanggal 1-3 Desember 2021. Tujuan yang dirancang adalah untuk meningkatan kerjasama dalam bidang pendidikan tentang Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang dengan FKIP Universitas Mataram, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Mataram dan Museum Nusa Tenggara Barat.

            Tim dibagi menjadi dua, tim ke FKIP Universitas Mataram, Fakultas Tarbiyah dipimpin oleh WD III; Prof. Dr. Yusuf Hanafi,S.Ag. M.Fil.I. dan tim ke Keguruan Universitas Islam Negeri Mataram di pimpin oleh WD I; Dr. Primadiana Hermilia W.,M.Pd. Kunjungan selanjutnya secara bersama-sama ke Museum Nusa Tenggara Barat.

Tim Dosen FS di FKIP di Keguruan Universitas Islam Negeri Mataram dipimpin oleh Dr. Primardiana Hermilia W., M.Pd (Foto Ist.)
  

            Kerjasama yang difokuskan pada kegiatan implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang merupakan model pembelajaran baru yang dikembangkan Kemendikbudristek dalam rangka memberikan pengalaman baru bagi mahasiswa untuk mengembangkan kompetensinya.

            Tim dosen FS UM di FKIP Universitas Mataram, Fakultas Tarbiyah diterima secara hangat, dan penuh keramahan oleh Dekan FTK UIN Mataram; Dr. Jumarim, MHI. Kegiatan ditutup dengan penandatanganan Perjanjian Kerjasama antara FTK UIN Mataram dan FS UM serta bertukar cinderamata.

Penyerahan cindramatar dari pihak FS UM oleh WD I; Dr. Primardiana Hermilia W., M.Pd.
 

            Kegiatan di Fakultas Keguruan Universitas Islam Negeri Mataram yang dipimpin oleh WD I; Dr. Primardiana Hermilia W., M.Pd. juga menekankan pada pertukaran mahasiswa untuk program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) untuk IKU 2, dan sudah barang tentu juga direncanakan kegiatan akademik yang lain, baik berfokus pada mahasiswa atau dosen, yang utama adalah publikasi karya ilmiah dan penelitian, yaitu IKU 3.

            Kunjugan di Fakultas Keguruan Universitas Islam Negeri Mataram disambut dengan ramah dengan Wakil Dekan II FKIP UNRAM; Dr. Gunawan, S.Pd.,M.Pd dan ketua Senat, Prof. Dr. Muhjuni.

            Kedatangan Tim Dosen FS UM di FKIP UNRAM juga dilaksanakan juga orasi ilmiah oleh Prof. Mahsun (FKIP UNRAM) dan Prof. Yazid Basthomi, S,Pd., M.A. (FS UM).

            Setelah orasi ilmiah selesai di lanjutkan dengan bertukar cinderamata, sebagai bentuk ikatan batin dari kedua belah pihak Lembaga.

Penyerahan cinderamata dari FS UM yang diampaikan oleh WD III; Prof. Dr. Yusuf Hanafi,S.Ag. M.Fil.I. dan diterima oleh Bapak Hubertus.
  

            Kunjugan yang ketiga adalah ke Museum Nusa Tenggara Barat. Kunjungan ke museum ini dimaksudkan juga untuk menjalin kerjasama bagi Jurusan Seni Dan Desain Fakultas Satra UM. Karena banyak kegiatan yang dapat dilaksanakan bagi mahasiwa untuk memberikan pengalaman kegiatan profesional di luar kampus.

            Rombongan diterima oleh bapak Hubertus yang memandu untuk memberikan penjelasan semua koleksi di Museum. Memang museum ini seperti museum yang lain belum dikembangkan. Pelajar dan mahasiswa harus datang untuk menyaksikan koleksi secara langsung. Hal ini tentunya peluang bagi Jurusan Seni dan Desain untuk melakukan kerjasama pengembangan perangkat digitalisasi. Sehingga masyarakat umum dapat menyaksikan dan mempelajari secara virtual.

            Kunjungan Tim Dosen Fakultas Sastra UM mulai tanggal 1-3 Desember 2021 ke tiga instansi telah dilaksanakan dengan lancar. Semua anggota tim merasa puas dan masing-masing mengambil posisi dan manfaat yang dapat dikembangkan sebagai program kerja di tahun 2021.

 


Reporter ​: Harda Gumelar
Editor ​​: Muhammad ‘Afaf Hasyimy

Posting Komentar untuk "Perjalanan Tim Dosen Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang Kerjasama dengan FKIP Universitas Mataram, Fakultas Tarbiyah, Fakultas Keguruan Universitas Islam Negeri Mataram dan Museum Nusa Tenggara Barat"