Menara 99 Meter di Islamic Center Lombok Nusa Tenggara Barat

Tim Dosen Fakultas Sastra UM foto bersama di depan Menara Islamic Center Lombok (Foto ist.)
             ​DAMARIOTIMES - Tim Dosen Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang yang melakukan kunjungan Kerjasama ke FKIP Universitas Mataram, Fakultas Tarbiyah, Fakultas Keguruan Universitas Islam Negeri Mataram dan Museum Nusa Tenggara Barat pada tanggal 1-3 Desember 2021. Tidak melupakan singgah juga di Islamic Center, yaitu berlokasi di Jl. Langko Kota Mataram.

            Islamic Center merupakan kompleks masjid terbesar di Lombok yang berlantai 4. Luas masjid ini 36.000 meter.

Kemegahan masjid ini tidak hanya bangunan, namun secara keseluruhan warna tosca, kuning, dan putih.
                Keindahan yang ditunjukan secara khas adalah bagian kubah. Kubah masjid dibangun dengan menggunakan motif batik khas dari daerah Nusa Tenggara Barat, yaitu motif batik sasambo. Ini merupakan ciri lokal dan sangat unik.

Foto bersama di depan Menara Masjid Islamic Center (foto ist.)
              Tim dosen Fakultas Sastra yang dipimpin oleh WD I; Dr. Primadiana Hermilia W.,M.Pd. benar-benar menikmati keindahan masjid yang mempunyai 5 menara, satu Menara utama yang tingginya lebih dari 100 meter, dan yang dapat dicapai adalah 99 meter.

               Pada saat kedatangan di Islamic Center tersebut, waktu yang tersedia sangat sempit, rombongan hanya mendapatkan waktu kurang lebih 15 menit, sehingga hanya dapat menikmati halaman masjid yang sangat megah. Pemandu wisata rombongan, Pak Sam, banyak bercerita tentang keunikan masjid Islamic Center, yaitu di dalam Masjid dilapisi karpet tebal. Bahkan jika di bulan puasa imam yang memimpin solat tarawih didatangkan dari Mekkah. Sungguh luar biasa, dan membanggakan.

              ​Sungguhpun hanya dalam waktu yang sempit, rombongan benar-benar dapat menikmati keindahan Masjid Islamic Center dengan berfoto-foto, serta memandangi menara Masjid yang tinggi menjulang. Menara utama setinggi 99 meter ini sedang dalam renovasi, sehingga tidak dapat naik ke atas. Jika sampai di puncak menara, dengan membayar tiket Rp.5000,- setiap orang dapat memandangi kota Mataram dan juga akan tampak tebaran Masjid-Masjid di setiap penjuru. Sehingga benar-benar dapat menyaksikan keunikan Kota Mataram yang disebut dengan kota 1000 Masjid.

 

Reporter ​: R. Hidajat
Editor​​: Muhammad ‘Afaf Hasyimy

Posting Komentar untuk "Menara 99 Meter di Islamic Center Lombok Nusa Tenggara Barat"