Tahukan Tentang Asal Usul Museum

             DAMARIOTIMES - Museum berasal dari kata bahasa Yunani, yaitu mouseion. Kata ini semula untuk menyebut sebuah rumah peribadatan bangsa Yunani, untuk memuja Sembilan Dewi Muses anak dari Dewa Zeus (simbol dari ilmu pengetahuan dan kesenian). Fungsi museum dalam pengertian sebagai penyimpanan berbagai benda dokumen adalah mengacu pada sebuah Gedung raksasa tempat penyimpanan buku-buku ilmu pengetahuan dan kesenian kuno di Alexandria, dibangun oleh Ptolemy I Soter pada tahun 280 SM.

Foto Ilustrasi Museum (Sumber: Pxfuel)

            Fungsi museum pada zaman sekarang telah  berkembang dan bersifat kompleks, yaitu sebuah organisasi dibawa Lembaga pemerintah atau swasta yang melayani kebutuhan masyarakat untuk mengapresiasi berbagai koleksi bersejarah, unik, dan sumber ilmu pengetauan dan estetik. Sifat museum adalah terbuka untuk umum, bisa gratis atau berbayar. Tugas museum adalah menyimpan, mengkoleksi, merawat, mengkomunikasikan, mempublikasikan, memamerkan. Tujuannya adalah untuk digunakan sebagai pengetahuan, sumber informasi, studi (edukasi), hiburan, penelitian.

            Peran museum yang sangat fital untuk masyarakat, maka disetiap negara mempunyai museum yang memiliki hubungan dengan aspek masalalu, nilai historis, dan kepemilikian benda koleksi menunjukan ikatan yang kuat dengan eksistensi dari bangsa, negara, atau komunitas yang terus mendapatkan penguatan bagi masa yang akan datan. Oleh karena itu mulai tahun 1977 hingga sekarang. Pada setiap tanggal 18 Mei diperingati sebagai Hari Moseum Internasional.

            Jenis museum yang berkembang pada saat ini sangat beragam, berbagai bidang ilmu pengetahuan dan kesenian memiliki tempat, hanya saja setiap negara tentunya mempunyai tujuan tertentu dalam mendirikan. Hal ini yang membuat museum memiliki arti dalam menempatkan atau memposisikan suatu antara masa lalu dan masa yang akan datang. Bahkan kini setiap perguruan tinggi memiliki museum. Gunanya untuk mengukuhkan eksistensi sebagai tempat studi yang prestisius, dan progresif.

            Pada saat ini juga ada museum yang bersifat pribadi, seperti museum seni lukis. Peningkatan dari fungsi dari galeri ke musium tentunya memiliki tujuan yang menggabungkan dari tujuan profit keedukasi atau kedua-duanya dapat dilakukan secara bersama-sama. Sehingga koleksinya dapat diperjual belikan untuk kepentingan dikoleksi oleh masyarakat yang membutuhkan.



Penulis            : Harda Gumelar
Editor              : Muhammad ‘Affaf Hasiymy

Posting Komentar untuk "Tahukan Tentang Asal Usul Museum"