Tahukan Anda Siapa Penemu Pensil

Nicolas-Jacques Conte penemu Pensil (Nature et Rencontres)

            DAMARIOTIMES - Siswa-siswa sekolah dan mahasiswa tentu setiap hari menggunakan pensil atau potlot, bahkan semua orang tentunya mengenal dan pernah menggunakan pensil. Alat untuk menulis yang batangnya terbuat dari kayu, sementara media untuk menorehkan berwarna hitam.

            Penggunaan pensil selain untuk menulis juga untuk melukis, atau keperluan lainnya yang jika ada kesalahan dapat dihapus menggunakan karet penghapus. Benda yang sederhana ini memiliki peran penting dalam dunia pendidikan atau profesi yang berkaitan dengan catat mencatat.

            Sungguhpun orang pada umumnya tidak pernah berpikir, siapa sebenarnya penemu pensil. Tapi benda ini sudah sangat berjasa dalam kehidupan ini, bahkan para guru di sekolah atau dosen yang selama ini mengajar tentunya juga merasakan manfaatnya. Besar sekali.

            Dikabarkan bahwa benda yang difungsikan sebagai pensil, yaitu alat untuk menoreh yang seperti sekarang ini sudah ada sejak tahun 1560-an. Benda itu digunakan di benua Eropa. Namun pensil primitif juga sudah digunakan oleh suku Aztec Meksico. Suku ini sudah menggunakan bahan yang kemudian digunakan sebagai penoreh, yaitu grafit. Memang semua penemuan pada awalnya ada sesuatu yang semula tidak disadari, namun dengan kecerdikan dan kreativitas seseorang bahan-bahan yang belum maksimal dapat kembangkan menjadi bernilai praktis.

            Jika mencari diberbagai sumber di sosial media tentang pensil tentu akan bertemu dengan Nicolas-Jacques Conte. Dia merupakan penemu pensil modern. Semula bahan yang digunakan adalah grafit murni. Karena sifatnya yang lembek, mudah patah, dan berefek pada media maka terkesan kotor dan kurang menunjukan hasil yang rapi untuk menulis. Terlebih ketika telah selesai menulis, tangan jika mengesek tulisan tersebut akan kotor di tangan.

            Kemudian Nicolas-Jacques Conte mencampur antara grafit dengan tanah liat, dan dilapisi dengan kayu untuk menahan agar tidak patah waktu ditorehkan. Sehingga dapat dihasilkan seperti pensil yang dapat dijumpai sekarang.

            Perkembangan pensil modern ini tidak hanya untuk menulis, tapi juga untuk menulis dengan menciptakan komposisi kekerasan campuran. Sehingga dapat memilih sesuai dengan kebutuhan berdasarkan kode yang tertera pada pensil.

            Kode pensil yang menunjukan tingkat kekerasan dan kelunakan, yaitu dengan memperhatikan code B = Bleck (hitam), H = Hard (keras),  HB = Half Black, dan F = Firm. Oleh karena itu jika mencari pensil yang hitam tersedia kepadatannya mulai 2B-7B, sementara membutuhkan pensil yang keras dapat mencari pensil mulai dari 4H-9H. jika untuk kebutuhan yang umum biasanya menggunakan pensil HB.

 

 

 

Penulis            : Harda Gumelar
Editor              : Robby Hidajat

Posting Komentar untuk "Tahukan Anda Siapa Penemu Pensil"