Kegiatan Kerjasama dan Magang MBKM Prodi DKV FS UM

Tim Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) Prodi DKV FS UM (Foto: Fariza)
             DAMARIOTIMES - 27 Nopember 2021 Program Studi Desain Komunikasi Visual Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang (UM) melakukan kunjungan dan kerjasama dengan Rumah Inspirasi Jogja (Rumijo) di Dusun Gesik, Kasongan, Kasihan, Kabupaten Bantul dan Dagadu di Yogyatourimum Jl Gedongkuning No.128, Rejowinangun, Kec. Kotagede, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Kunjungan dan kerjasama tersebut merupakan tindak lanjut dari hibah Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) dari Direktorat Pembelajaran dan Mahasiswa Kemdikbudikti.

Perlu diketahui, bahwa Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Sastra UM yang memiliki capaian lulusan menjadi researcher, designer, dan creativepreneur. Sebagai pendukung dan memperkuat capaian lulusan “Tri Bina Cita” tersebut, Program Studi Desain Komunikasi Visual Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang melalui Program Bantuan Kerjasama Kurikulum dan Implementasi MBKM melakukan 4 (empat) kegiatan yaitu: (1) Pengembangan Kurikulum MBKM, (2) Kegiatan Kerjasama dan Magang MBKM, (3) Real Project MBKM, dan (4) Transfer Kredit MBKM.

Tim MBKM Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Sastra UM diwakili oleh Dr. Pujiyanto, M.Sn, Mitra Istiar Wardhana, S.Kom, M.T, Andreas Syah Pahlevi, S.Sn, M.Sn, Joni Agung Sudarmanto, S.Sn, M.Ds, dan Fariza Wahyu Arizal, S.Sn, M.Sn datang ke Yogyakarta untuk mengetahui sebenarnya aktivitas yang dilakukan di tempat magang. Dalam kesempatan ini tim MBKM menemuhi, mewancarai, serta diskusi dengan mahasiswa yang magang di Rumijo tentang program yang telah dilakukan maupun yang dilakukan ke depan sebagai tanggungjawab mahasiswa dalam mengikuti program Kegiatan Kerjasama dan Magang MBKM. Begitu juga di Dagadu yang telah akrab dan harmonis dengan Program Studi Desain Komunikasi Visual UM sehingga berlama-lama sambal menikmati pemajangan produk kaos dan aksesoris di etalase.

Niswatul yang Magang di Rumijo Sangat Senang Dikunjungi Tim MBKM (Foto: Joni)
             Menurut ketua Tim MBKM Prodi Desain Komunikasi Visual UM Dr. Pujiyanto, M.Sn, memilih berkunjung dan memantau mahasiswa yang magang di Rumah Inspirasi Jogja (Rumijo) dan Dagadu di Yogyatourimum didasari tempat tersebut adanya Local Genius Creative yang saat ini sangat dibutuhkan agar tidak tenggelam ditelan zaman. Rumijo merupakan rumah eco natural green yang tidak pernah sepi pengunjung, begitu juga Dagadu yang konsen mengangkat local culture khususnya Yogyakarta sebagai objek inspirasi dan ide verbal dan visual yang dieksplor ke dalam produknya.

Kreativitas Tanpa Batas Dagadu dirasakan oleh Tim MBKM (Foto Joni)

Kunjungan kegiatan Kerjasama dan Magang merupakan Program Bantuan Kerjasama Kurikulum dan Implementasi MBKM tidak sebatas program hibah ini, tetapi terus berlanjut untuk dievaluasi dan dikembangkan. Program prestisius dari Mas Menteri Kemdikbudikti tentang Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) diharapkan mahasiswa Program Studi Desain Komunikasi Visual Fakultas Sastra UM memiliki sikap attitude, skill, dan creativity nantinya akan menjadi researcher, designer, atau creativepreneur.

 

Reporter          : Muhammad ‘Affaf Hasiymy
Editor              : Harda Gumelar

Posting Komentar untuk "Kegiatan Kerjasama dan Magang MBKM Prodi DKV FS UM"