Etika Cara Makan Masyarakat Indonesia

Suasana makan orang Indonesia disebuah keluarga (Foto Ist.)

            DAMARIOTIMES - Semua orang  tentu pernah makan bersama keluarga, teman, dan orang-orang tertentu. Ketika makan, sudah barang tentu akan  tercipta suatu kondisi dan situasi yang berbeda-beda, sehingga tampak adanya etika tertentu yang diterapkan. Bagaimana etika itu dianggkat dari lingkungan, adat, dan budaya tertentu di Indonesia.

Etika Makan Orang Jawa

            Makan dalam keluarga Jawa tidak dianjurkan menyantap makanan yang dalam kondisi panas, dan tidak boleh makan terlalu cepat, atau mendahului orang tua ketika makan bersama, terutama pada waktu mengambil makanan. Membersihkan bekas makananya yang tersisa, wanita akan membersihkan dari tempat meja makan. Untuk menjaga suasana makan, dilarang untuk berbicara atau bersendawa.

Etika Makan Orang Cina

            Menyeruput kuah hingga berbunyi dianggap sebagai ekspresi yang menghormati orang yang menghidangkan makanan. Jika diundang makan bersama jangan memilih makanan yang harganya melebihi orang yang mengundang. Orang muda harus menyapa semua orang yang berada bersama. Membawa makanan untuk dimakan sambil berdiri. Mendahulukan orang tua untuk mengambil makanan dan menunggu orang tua mempersilahkan yang muda untuk makan.

Etika Makan Orang Arab

            Orang Arab pada umumnya menyukai makan bersama dalam satu nampan besar. Cara makan umumnya dengan tangan, dan dianjurkan untuk mengambil secukupnya dan dimasukan ke dalam mulut. Ketika makan bersama di rumah orang Arab, maka tamu akan dijamu dengan baik dan dipesilahkan makan terlebih dahulu, berikutnya tuan rumah. 

            Di Indonesia tentunya mengadopsi cara dan etika makan dari berbagai suku atau bangsa, oleh karena itu dapat digunakan secara umum. Tidak mendahului membayar bagi orang yang mengundang makan, tidak bergurau waktu makan, atau bicara keras-keras, jika menggunakan sendok dan garpu diusahakan tidak beradu dengan piker sehingga suaranya berbunyi. Tidak makan sambil berdiri kalau disediakan meja makan, tidak mendahului orang lain. Sehingga orang yang makan bersama menjadi malu pada saat menghabiskan makanan.

Demikian beberapa cara orang dengan latar belakang budaya masing-masing, mungkin anda mengenal cara makan yang berbeda-beda. Sehingga dapat mengetahui bagaimana memaknai makanan, sehingga dalam kehidupan bermasyarakat di Indonesia yang bersifat prulaistik itu dapat memberikan ruang pada orang lain sebagaimana budaya yang mereka hayati.

 

 

Reporter          : Harda Gumelar
Editor              : Muhammad ‘Afaf Hasyimy 

Posting Komentar untuk "Etika Cara Makan Masyarakat Indonesia"