Tip Memotivasi diri untuk Membaca Buku

Membaca seharusnya memang seperti kebutuhan konsumsi (foto ist.)

            DAMARIOTIMES - Bagi para pelajar dan mahasiswa, tentunya semuanya sangat tidak nyaman jika harus membaca. Padahal para guru dan dosen selalu memberikan tugas latihan untuk membaca dan merangkum. Apa yang dapat dilakukan, agar membaca tidak membosankan.

            Membaca memang tidak sama dengan makan, karena orang tidak membaca tentunya tidak akan lapar. Tapi kalau tidak membaca tentunya akan sulit sekali menggali ide kreatif, apalagi inovatif. Karena tidak ada asupan nuterisi pengetahuan memadai. Maka sebelum guru atau dosen memberikan tugas latihan membaca. Musuh yang paling berat memulai membaca adalah menghalau kebosanan, dan pengaruh smartphone. Tentunya hal tersebut memang harus benar-benar disadari, walaupun smartphone juga dapat digunakan sebagai media membaca, namun kadang tidak terfokus pada membaca. Banyak digunakan untuk media hiburan. Sungguhpun berat, seyogyanya dapat memulai untuk membaca, dengan caranya:

1.      Taruhlah buku bacaan apa saja di dekat anda; di meja, tempat tidur, atau di ruang tamu. Sungguhpun orang tua kalian tentu akan agak jengkel, karena buku berada di mana-mana. Tujuannya adalah untuk merangsang mau membuka buku, dan membacanya.

2.      Bawalah buku apa saja di dalam tas yang biasa anda bawa, untuk menghalau kebosanan jika ada tempat yang tidak patas atau tidak diperkenankan membuka smartphone. Buku yang anda bawa akan siap menemani.

3.      Biasakan untuk sesekali membaca majalah atau koran, utamanya ditempat-tempat tertentu ketika menantikan sesuatu, seperti di stasiun, atau menunggu teman di tempat tertentu.

4.      Sesekali menyempatkan untuk berkunjung ke toko buku, bisa di tokoh buku lowakan. Ketika di toko buku, paksakan untuk membaca judul buku yang mungkin menarik. Jika benar-benar menarik, sempatkan untuk melihat daftar isinya. Jika memang anda tidak menyukai, tinggalkan.

5.      Bisa sedikit berpura-pura pada teman, tanyakan buku pada teman anda punya; “apakah punya bacaan yang menarik, dan bolehkan aku meminjamnya?” jika teman anda menyodorkan buku, tanyakan. Apakah dia sudah pernah membaca buku itu, tanyakan lagi, ‘apa isi buku ini?” agar memotivasi anda untuk mau membaca.

6.      Sempatkan setiap pagi sebelum anda memegang smartphone, ambilah buku. Bukalah halaman tertentu dengan acak. Coba baca dibagian tertentu sekenanya. Paksakan seberapa lama bertahan untuk melanjutkan membaca. Jika jenuh, letakan, jika menarik berilah tanda pada halaman anda baca.

7.      Sempatkan sebelum tidur malam, bacalah bacaan yang mungkin sangat berguna untuk membuat anda menjadi tenang. Misalnya membaca doa-doa sesuai dengan keyakinan masing-masing, bisa melalui smartphone.

Tip di atas tentunya tidak hanya satu dua hari, tapi jadikan sebuah kebiasaan. Sungguhpun tetap tidak menjadi kebiasaan, karena membaca itu kebutuhan. Jika tidak membutuhkan tentu anda tidak membaca. Sehingga anda tidak mengalami beban, dan merasakan membaca itu sesuatu yang sangat membosankan. Nanti lama-lama menjadi kebutuhan yang dapat anda kondisikan.

Saya juga tidak menganjutkan anda banyak membaca, karena membaca itu juga akan menyulitkan anda untuk berani melakukan sesuatu. Karena segala sesuatu anda sudah tahu. Orang membaca sesungguhnya memang tidak tahu, jika ingin mengetahui susuatu yang anda butuhkan, barulah anda membaca.

 

Penulis                        : Robby Hidajat
Editor                          : Muhammad ‘Afaf Hasyimy

Posting Komentar untuk "Tip Memotivasi diri untuk Membaca Buku"