Cara Membaca Anda Menunjukan Kepribadian

Berbagai posisi cara membaca (foto ist.)
             DAMARIOTIMES - Membaca dalam berbagai hal adalah penting, sungguhpun membaca itu sesuatu yang tidak menjadi kegemaran orang. Namun setiap orang akan terdorong untuk membaca, karena buku dapat menempatkan posisi anda pada tingkat sosial tertentu.

            Setiap orang tentunya mempunyai cara membaca, utamanya jika diperhatikan dari posisi membaca. Apakah yang dilakukan itu sadar atau tidak disadari. Tidak sadar adalah ketika anda memang mempunyai kebisaan membaca dengan posisi tertentu, namun jika hal itu tidak disadari adalah membaca untuk kepentingan didokumentasi. Foto anda waktu ‘akting’ membaca mempunyai makna tertentu.

            Posisi anda ketika membaca di depan meja belajar, dengan posisi yang formal seperti yang dianjurkan untuk menjaga Kesehatan mata. Posisi ini merupakan sesuatu yang sejak kecil diajarkan oleh guru-guru di sekolah. Karena posisi yang baik membaca itu ada di meja belajar. Sehingga anda akan mudah mengambil dan mengembalikan buku. Hal ini menunjukan anda orang yang termasuk punya sikap yang formal, lebih dekat dengan sesuatu yang struktural, rutinitas yang sama menjadi bagian yang membentuk anda mencintai sesuatu yang bersifat kontinyu.

            Terlebih ruang belajar anda memang bersifat konstuktif, ada meja, rak buku, atau lemari, ada candela dengan korden yang tampak di tata simetris. Kehidupan anda memang lebih menyukai kenyamanan dan kurang menyukai tantangan. Kondisi gelap terang ruang juga sedikir memberikan pengaruh, sebagai orang yang bersifat domokratis atau otoriter.

            Pandangan mata yang terpacu tajam menatap tulisan, menunjukan keinginan anda yang kuat dan harus disadari. Jika menghadapi kesulitan anda akan tidak punya pilihan yang banyak, sehingga sikap otoriter anda menjadi dominan. Menatap buku dengan santai, seorang-oleh baris tulisan itu menjadi tidak penting untuk diawasi. Menunjukan sikap anda yang seringkali mengabadikan sesuatu, kurang serius dan tidak mudah kecewa.

            Membaca di ruang tamu, menunjukan sikap yang lebih dinamis, sikap pendirian yang seringkali menunjukan kelabilan. Karena ruangan itu merupakan arena publik yang tidak memiliki lebih umum. Anda memiliki kepribadian yang terbuka, tapi lebih menyukai penampilan ‘fashion’.

            Posisi santai atau serius waktu membaca di ruang tamu memiliki drajat perbedaan yang membuat anda dimasukan pada kondisi sadar (terencana) atau ketidak sadaran (mengikuti perasan). Sehingga tampak dari cara memegang buku, karena ada buku yang dipegang seperti ketakutan jatuh, artinya anda ingin dimaknai niat kesungguhan. Hal ini akan sangat merugikan dalam kebiasaan sehari-hari, jika sesuatu yang anda lakukan dengan kesadaran terhadap penilaian orang. Tangan yang memegang buku terasa santai dan tampak tidak memiliki beban pada buku, menunjukan kebiasaan anda yang santai, mengalir, dan bergerak tanpa memaksakan diri.


Penulis                      : Robby Hidajat
Editor                        : Harda Gumelar 

Posting Komentar untuk "Cara Membaca Anda Menunjukan Kepribadian"