Siswa Dan Guru Man Kota Batu Kuasai Alun-Alun Batu Dengan Literasi Budaya

 

Penampilan siswa MAN Batu saat di alun alun Batu (Foto : Bambang)


DAMARIOTIMES - Dinginnya kota Batu tidak sedingin langkah kaki sekelompok anak-anak remaja. Mereka dengan riang bersenda gurau jalan beriring-iringan menuju alun-alun Batu. Pagi itu hawa yang dingin tidak menyurutkan niat anak-anak untuk mempertahankan komitmen dalam berbudaya melalui literasi.

Terlebih adanya niat yang membuat bersemangat, yaitu saat datangnya waktu untuk mengekspresikan diri. Mereka akan melantunkan irama musik tradisional yang ditampilkan berbarengan dengan kegiatan literasi buku.

Kegiatan tersebut  dimotori oleh guru-guru MAN Batu, dengan bimbingan guru yang bersemangat dan penuh harapan, bahwa anak-anak didiknya mampu menampilkan yang terbaik. Tentunya hal tersebut menjadi bangga dan senang, karena dapat memberikan penampilan karya musik dengan baik untuk masyarakat kota Batu.

            Riuh dan tepuk tangan para pengunjung alun-alun kota Batu. Pada saat itu yang dapat menyaksikan penampilan atraksi siswa MAN Batu. Mereka tidak canggung dalam menyuguhkan penampilan bermusik. Irama gamelan berpadu dengan musik banjari serta musik perkusi berkolaborasi, sehingga menciptakan suasana alunan nada yang harmoni. Sehingga membuat para pengunjung alun-alun kota Batu pada saat itu betah berlama-lama menyaksikan. Wajah-wajah penuh keceriaan nampak  dari siswa MAN Kota Batu pada saat itu. Wajah mereka tampak terlihat gembira waktu beratraksi, sehingga menampilkan karya musik benar-benar indah.

 

Guru-guru Literasi MAN Batu (Foto:Bambang )


            Disisi lain tampak sibuk sekali guru-guru MAN Batu. Para guru ada yang menata buku buku literasi, menghias ruang pameran atau mempersiapkan segala sesuatu untuk menyambut kehadiran para pengunjung alun-alun Kota Batu.

Sebagian guru juga menyiapkan media pembelajaran serta memberi contoh dasar dasar melukis dan membatik. Memang tidak mudah membuat suatu kegiatan yang menarik yang dikemas secara baik, sehingga mampu menyedot ratusan orang untuk datang dan menyaksikan gebyar literasi MAN. Kegiatan yang melalui program Taman Baca tersebut sangat diharapkan sebagai event yang bersifat edukatif.  Mengingat melalui literasi dapat mewujudkan kecerdasan bangsa, bahkan melalui literasi budaya dapat melestarikan warisan seni tradisi.

 

 

Reporter          : Bambang
Editor              : Muhammad ‘Afaf Hasyimy

Posting Komentar untuk "Siswa Dan Guru Man Kota Batu Kuasai Alun-Alun Batu Dengan Literasi Budaya"