Apakah senar gitar mahal lebih bagus?

DAMARIOTIMES - Sebelum membahas senar gitar ada baiknya membahas tentang instrument gitar terlebih dahulu. Gitar adalah sebuah alat musik berdawai yang dimainkan dengan cara dipetik, umumnya menggunakan jari maupun plektrum.

Gitar terbentuk atas bagian tubuh pokok dengan bagian leher yang padat sebagai tempat senar yang umumnya berjumlah enam buah.

Gitar secara tradisional dibentuk dari berbagai jenis kayu dengan senar yang terbuat dari nilon maupun baja. Beberapa gitar modern dibuat dari material polikarbonat. Secara umum, gitar terbagi atas 2 jenis: akustik dan elektrik.

Gitar akustik, dengan bagian badannya yang berlubang (hollow body), telah digunakan selama ribuan tahun. Terdapat tiga jenis utama gitar akustik modern: gitar akustik senar-nilongitar akustik senar-baja, dan gitar archtop.


Varian ukuran senar gitar (sumber: vincentcahya)


Gitar yang menggunakan tala standar dapat dengan mudah untuk ditala, dengan fakta bahwa nada pada fret kelima sama dengan nada pada senar terbuka (open string) sebelumnya; sebagai contoh, nada pada fret kelima pada senar keenam memiliki nada yang sama dengan senar terbuka kelima. Pengecualian pada hal ini terjadi antara senar kedua dan ketiga, di mana nada fret keempat pada senar ketigalah yang sama dengan senar terbuka kedua.

Senar atau dawai pada gitar adalah unsur penting dalam instrument gitar. Dawai pada gitar dibunyikan dengan cara digenjreng atau dipetik. Getaran pada dawai itulah yang menimbulkan bunyi pada gitar.

Setelan nada pada senar gitar standar adalah E,A,D,G,B,E. Namun banyak gitaris pula yang menggunakan sebuah variasi tala yang ditemukan berabad lalu, di mana senar terrendah 'diturunkan' satu nada penuh (whole tone). Dikenal sebagai tala "Drop-D" di mana urutan titinada senar terbukanya dari rendah ke tinggi adalah DADGBe.

Ada dua bahan utama sebagai material senar, yaitu stainless steel dan nickel. Karaktersitik kedua bahan senar gitar ini berbeda. Senar stainless steel memiliki ciri khas suara gitar yang bright (banyak treble-nya) sedikit lebih lantang dari pada nickel. Nickel sendiri memiliki suara yang balance dan tidak terlalu bright seperti stainless.

Senar yang dibuat dari stainless cenderung sedikit lebih awet, sesuai dengan namanya, dibuat dari baja antikarat. Nickel memang tidak memiliki umur pakai seperti stainless, tapi senar nickel adalah yang paling sering digunakan.

Harga senar stainless memang lebih mahal. Namun, senar ini cukup disukai para musisi rock dan metal karena mampu menghasilkan suara yang lebih agresif. Nickel, lebih sering digunakan untuk pop, rock, alternatif dan lain-lain.

Pemilihan senar berdasarkan ukuran senar tersebut biasanya tergantung dengan karakter suara, karakter permainan, dan kebutuhan pemain. Semakin kecil ukuran senar gitar tersebut maka senar akan lebih ringan untuk dimainkan. Sebaliknya semakin besar ukuran senar maka suara yang ditimbulkan akan lebih bulat dan memiliki ketegangan yang cukup kencang. 

Setelah membahas senar gitar secara umum. Berikutnya membahas tentang kebenaran isu bahan senar yang baik adalah senar yang mahal. Merk gitar yang biasa dijual di took-toko beraneka ragam, mulai dari yang kurang mahal sampai dengan yang mahal.

Gitar sering mengalami pergantian senar mulai dari yang murah, baik, hingga sangat baik. Memang dari segi kualitas senar gitar yang lebih mahal umumnya senar tersebut memiliki daya tahan yang lebih lama dari pada senar gitar yang dibawahnya.

Namun bagi setiap gitar memiliki senarnya sendiri-sendiri, seperti misalnya pada gitar akustik.  Klasifikasi memilih senar gitar akustik adalah yang pertama memiliki ukuran 0,10-.0, 46 dan berjenis brass atau kuning. Umumnya senar yang memiliki daya tahan lebih lama dan lebih mahal, pada tiap senarnya memiliki coating atau lapisan dimana lapisan tersebut kadang kala membuat suara senar menjadi agak rendah.

Pada gitar elektrik yang membedakan adalah jenis baja yang digunakan, dimana lebih cenderung nyaman menggunakan senar gitar listrik yang agak besar yaitu ukuran 0,11 – 0,52 hal itu dikarenakan ciri bermain yang agak keras. Jadi cara bermain membutuhkan senar gitar yang memiliki tension yang cukup kencang. Dalam hal gitar listrik, senar yang baik dipakai adalah jenis baja Nickel Wound atau senar nikel yang berwarna perak. Selama senar tersebut memiliki klasifikasi yang tepat. Maka harga tidak lagi menjadi suatu standar untuk menentukan suara gitar menjadi bagus.

 


Reporter          : Yustinus Yudistira Widisaputra
Editor              : Muhammad ‘Afaf Hasyimy

Posting Komentar untuk "Apakah senar gitar mahal lebih bagus?"