Sejarah Hari Olahraga Nasional 9 September

DAMARIOTIMES - Setiap tahunnya Indonesia selalu memperingati Hari Olahraga Nasional (HAORNAS) Setiap tanggal 9 September. Setiap tahunnya selalu dirayakan dengan tema yang berbeda guna untuk mendukung dan meningkatkan sportivitas.


(Sumber: Enkosa)


9 September 2021 lalu Indonesia menperingati Hari Olahraga Nasional ke-38. Tahun ini Indonesia menyelenggarakan PON dengan tema : “Desain Besar Olahraga Nasional Menuju Indonesia Maju”. Tapi taukah kamu, bahwa dibalik adanya Hari Olahraga Nasional (Haornas) ternyata ada perjuangan yang keras dan panjang oleh atlet dan pemerintah Indonesia dalam memperjuangan kemerdekaan sekaligus olahraga Indonesia.

Hari Olahraga Nasional sebenarnya bermula dari diselenggarakannya Pekan Olahraga Nasional (PON) I di Surakarta pada 9-12 September 1948. Diselenggarakannya Pekan Olahraga Nasional ini diinisiasi oleh pemerintah usah para atlet Indonesia tidak bisa mengikuti kompetisi Olimpiade dnia XIV pada 1948 di kota London, Inggris.

Pada saat itu Indonesia yang baru saja merdeka, kemerdekaannya masih belum diakui. Maka dari itu paspor Indonesia tidak diakui oleh Pemerintah Inggris. Para atlet Indonesia hanya bisa bermain jika menggunakan paspor Belanda. Hal ini ditolak keras oleh para atlet karena mereka hadir untuk mewakili Indonesia.

Karna Indonesia tidak bisa hadir di Inggris, Persatuan Olahraga Republik Indonesia memutuskan untuk mengadakan kompetisi serupa di dalam negeri yang dikenal sebagai Pekan Olahraga Nasional sebagai rangka dalam membuktikan bahwa Indonesia yang baru saja merdeka dapat menyelenggarakan kegiatan olahraga dengan skala nasional.

Diselenggarakannya PON I menjadi cikal bakal Hari Olahraga Nasional di Indonesia. Acara itu dibuka pada 9 September 1948 di Indonesia. Olahraga tidak selalu dimaknai untuk mendapatkan kesehatan, tetapi juga sebagai sarana perjuangan dan pembangunan. Dengan diselenggarakannya PON I dianggap sebagai awal dalam sejarah memperjuangkan persatuan dan perkembangan olahraga di tanah air. Hal ini juga menjadi awal dalam munculnya gagasan kokoh dalam perkembangan olahraga nasional dan juga ditandai dengan munculnya berbagai organisasi dari cabang olahraga yang sebelumnya belum ada. PON masih terus diselenggarakan sampai saat ini, sudah sebanyak 19 kali.

 

 

 

Editor : Harda Gumelar

Posting Komentar untuk "Sejarah Hari Olahraga Nasional 9 September"